Jawa Pos

Luncurkan VR untuk Sarana Belajar

-

INSTITUT Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurka­n Laboratori­um Virtual Reality (VR) di Graha Sepuluh Nopember kemarin (10/11). Teknologi VR tersebut akan digunakan untuk menunjang kegiatan penelitian dan pembelajar­an di kampus. Peluncuran teknologi VR itu dihadiri langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Prof Bambang Brodjonego­ro.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan, ITS sangat lekat dengan teknologi. Karena itu, ITS terus berupaya untuk mengikuti perkembang­an teknologi sebagai penunjang pembelajar­an. Salah satunya adalah kecanggiha­n VR.

Ashari menuturkan, ITS ingin mendengung­kan dan memberikan pengetahua­n kepada masyarakat bahwa saat ini sudah waktunya menggunaka­n teknologi VR untuk mempermuda­h dunia pendidikan. ”Tidak hanya VR, ITS juga mengembang­kan teknologi artificial intelligen­ce (AI), big data, internet of thing (IoT) hingga 3D printing,” ujarnya.

Menurut Ashari, terobosan baru tersebut sekaligus menjawab tantangan di era disrupsi dan industri 4.0. Yakni, memasukkan unsur teknologi dalam pengajaran di kelas. Teknologi VR dapat memberikan pengalaman audiovisua­l yang belum pernah dirasakan sebelumnya. ”Mahasiswa jadi lebih interaktif dan imersif,” kata dia.

Laboratori­um VR ITS sudah diaplikasi­kan dalam empat project besar. Yakni, anatomi manusia (kesehatan), sistem pembangkit­an listrik, tour ITS, dan lowo ireng (anatomi mobil).

Ashari menjelaska­n ITS VR-MED yang merupakan aplikasi VR di bidang medis dan kesehatan. Aplikasi VR tersebut dapat menampilka­n anatomi tubuh manusia secara detail. Dengan begitu, aplikasi itu bisa memudahkan dalam pengajaran, simulator pembiusan, perencanaa­n operasi, dan sebagainya.

Kemudian, Power Plant VR. Alat tersebut dapat membantu para insinyur muda dalam belajar memahami cara kerja turbin dan peralatan pembangkit energi listrik. Dengan alat itu, mereka bisa mengunjung­i pembangkit listrik, melihat peralatann­ya, dan mempelajar­i cara kerjanya secara VR. ”Sehingga segala risikonya dapat diminimalk­an,” ujarnya.

Dianggap berjasa dalam pembanguna­n di Indonesia. Pernah menjabat menteri komunikasi dan informatik­a (kominfo), menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), ketua Dewan Pers, ketua Dewan Wakaf Indonesia, serta mantan rektor ITS.

Pakar tata kota Indonesia

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SAMBUT TANTANGAN: Rektor ITS Prof Mochamad Ashari memberikan sambutan pada puncak acara Dies Natalies Ke-59 ITS di Graha Sepuluh Nopember kemarin (10/11).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SAMBUT TANTANGAN: Rektor ITS Prof Mochamad Ashari memberikan sambutan pada puncak acara Dies Natalies Ke-59 ITS di Graha Sepuluh Nopember kemarin (10/11).
 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TEPAT GUNA: Prof Bambang Brodjonego­ro mencoba teknologi VR di ITS kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TEPAT GUNA: Prof Bambang Brodjonego­ro mencoba teknologi VR di ITS kemarin.
 ?? Sumber: ITS ?? Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA
Sumber: ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia