Jawa Pos

SERTIFIKAT HAK PAKAI YANG DITERBITKA­N KPN KOTA SURABAYA II

- Juga Keluarkan Sertifikat HP 19 Lahan JLLT dan 3 Cable Car

SURABAYA, Jawa Pos – Masyarakat Surabaya Utara yang mengajukan permohonan sertifikat tanah melalui program Pendaftara­n Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019 boleh girang. Kantor Pertanahan (KP) Kota Surabaya II telah menuntaska­n sertifikas­i 5.540 lahan yang diajukan dalam program tersebut.

Pembuatan sertifikat digarap sejak Januari. Selain memetakan, KP telah mengukur lahan-lahan yang diajukan masyarakat. Sebagian besar lokasinya berada di Kecamatan Kenjeran. Kepala

KP Kota Surabaya II Lampri menjelaska­n bahwa tanah warga memiliki luas yang berbeda-beda. Bentuk dan statusnya juga beragam. ’’Kebanyakan lahan telah dibangun rumah di atasnya. Selain itu, ada yang kosongan,’’ kata Lampri kemarin (10/11).

Dia menjelaska­n bahwa sertifikat akan diberikan secara simbolis hari ini (11/11) di kantor pemkot. Lampri berharap sertifikat yang dibagikan bisa membantu masyarakat. Terutama meningkatk­an perekonomi­an. Warga bisa memanfaatk­annya untuk kegiatan produktif. ’’Tidak ada salahnya dipakai untuk meminjam modal. Kami mendukungn­ya,’’ ujarnya.

Menurut Lampri, instansiny­a terus berupaya menyuksesk­an program Surabaya Kota Lengkap. Proses pemetaan dan pengukuran lahan di Kota Pahlawan terus dilakukan. Total, ada 130 ribu bidang tanah yang diukur. Selain memberikan sertifikat kepada warga, KP II Kota Surabaya akan memberikan sertifikat hak pakai (HP) pada pemkot. Tercatat, ada 37 dokumen yang telah diterbitka­n dan mendapatka­n sertifikat HP. Peruntukan­nya pun beragam.

Dari 37 lahan, ada 19 yang dipakai untuk JLLT. Tiga lahan di antaranya digunakan untuk proyek kereta gantung (cable car) di kawasan Jembatan Suramadu. Selain itu, KP menerbitka­n HP untuk kantor Kelurahan Simokerto dan Kapasan.

Lampri menegaskan bahwa keberadaan HP sangat penting. Sebab, surat tersebut bisa menangkal terjadinya sengketa. Dengan adanya hak pakai, pemkot bisa lebih menggenjot pembanguna­n. ’’Intinya, keberadaan HP mempercepa­t pembanguna­n,’’ ungkap Lampri.

Jumlah sertifikat HP yang diserahkan ke pemkot bakal terus bertambah. Hal itu seiring berjalanny­a pembebasan lahan proyek JLLT. Rencananya, terdapat lebih dari seribu lahan lagi yang dibebaskan pemerintah tahun depan.

Lahan-lahan itu tersebar di beberapa kelurahan. Sebagian berada di Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kenjeran. Pemetaan lahan untuk JLLT sudah rampung.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? MEMBAWA REZEKI: Ribuan pengunjung yang memadati kawasan religi Ampel selama akhir pekan membuat para pedagang di lokasi tersebut bahagia karena dagangan mereka laris.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS MEMBAWA REZEKI: Ribuan pengunjung yang memadati kawasan religi Ampel selama akhir pekan membuat para pedagang di lokasi tersebut bahagia karena dagangan mereka laris.
 ?? ALEX QOMARULLA/JAWA POS Sumber: KPN Kota Surabaya II ?? DITERTIBKA­N: Sebagian wilayah utara yang dulu tak bersertifi­kat, kini sudah memiliki dokumen resmi setelah mengikuti program PTSL.
ALEX QOMARULLA/JAWA POS Sumber: KPN Kota Surabaya II DITERTIBKA­N: Sebagian wilayah utara yang dulu tak bersertifi­kat, kini sudah memiliki dokumen resmi setelah mengikuti program PTSL.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia