Jawa Pos

Lindungi Rumput, Atur Pemakaian Alun-Alun

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Alun-Alun Kota Delta merupakan salah satu ruang terbuka hijau (RTH). Namun, peruntukan­nya belum sesuai fungsi. Taman di jantung kota itu banyak digunakan sebagai tempat menggelar acara. Dampaknya, tanaman menjadi tak terawat.

Contohnya, rumput alun-alun. Di sejumlah titik, rumput terlihat tidak terawat. Sebab, stan pameran yang dibangun menutup rumput sehingga rusak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sigit Setyawan menyatakan, alun-alun memang kerap digunakan untuk menggelar acara. Misalnya, upacara, pertunjuka­n musik, dan pameran. ”Sebulan sekali selalu ada kegiatan yang memakai alun-alun,” terangnya.

Menurut dia, pemakaian alun-alun seharusnya dibatasi. Sebab, fungsi utama RTH itu adalah taman pusat kota. Keindahan Kota Delta dapat dilihat dari alun-alun. ”Bukan tempat menggelar kegiatan,” tegasnya.

Untuk membatasi pemakaian alunalun, DLHK berkirim surat ke Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Isi surat tersebut meminta pemkab untuk mengatur penggunaan RTH itu. Misalnya, DLHK meminta kegiatan yang memakai tenda dan yang menutup lapangan rumput dibatasi. Tujuannya, menjaga kondisi alun-alun tetap baik.

Pengaturan kedua terkait dengan kegiatan tahunan. DLHK melakukan evaluasi. Kegiatan besar yang membutuhka­n waktu panjang dipindahka­n. Salah satunya, Kampung Ramadan. Tahun depan acara itu dipindahka­n ke parkir timur GOR Delta. ”Perawatan alun-alun membutuhka­n biaya besar,” ujarnya.

Sigit menyatakan, dua permintaan itu mendapatka­n lampu hijau dari pemkab. Tahun depan DLHK bakal merevitali­sasi alun-alun. ”Alun-alun dipercanti­k. Tanaman ditambah,” katanya. Sesuai dengan rencana, fungsi alun-alun dikembalik­an. Yakni, menjadi bagian pemerintah­an.

Fungsi kedua, tempat religi yang terintegra­si dengan Masjid Agung. ”Dalam filosofi arsitektur Jawa, alun-alun menjadi tempat penghubung kantor pemerintah­an dengan masjid,” ujarnya.

Sekretaris DLHK Mharta Wara Kusuma menambahka­n, sarpras alun-alun bakal ditambah. Di antaranya, infrastruk­tur olahraga dan permainan anak. ”Sebab, alun-alun ini menjadi tempat berkumpul warga,” tuturnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SESUAIKAN FUNGSI: Kondisi alun-alun kemarin malam. DLHK meminta kegiatan di ruang terbuka hijau (RTH) tersebut dibatasi seiring revitalisa­si alun-alun pada tahun depan.
BOY SLAMET/JAWA POS SESUAIKAN FUNGSI: Kondisi alun-alun kemarin malam. DLHK meminta kegiatan di ruang terbuka hijau (RTH) tersebut dibatasi seiring revitalisa­si alun-alun pada tahun depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia