Jawa Pos

Hadirkan Swan Lake Versi Modern

-

SURABAYA, Jawa Pos – Saat itu hari menjelang malam. Angsa-angsa beterbanga­n di sekitar Prince Siegfried yang berdiri di tepi danau. Melihat angsa-angsa itu, Siegfried ingin memburunya. Namun, saat dia mendekati seekor angsa, tiba-tiba angsa tersebut berubah menjadi gadis yang cantik. Namanya Odette.

Itu adalah nukilan kisah The Swan Lake yang melegenda. Kisah tersebut juga laris dijadikan drama hingga tarian. Namun, cerita klasik itu terus dihadirkan dengan gaya yang klasik.

Ingin memberikan sesuatu yang berbeda, para murid Marlupi Dance Academy menampilka­n The Swan Lake in Modern Ballet di gedung Balai Pemuda kemarin malam (10/11).

Marlupi Sijangga, founder Marlupi Dance Academy, mengaku memang ingin memberikan kesan yang berbeda. ’’Selama ini selalu dibawakan dengan gaya yang klasik. Di Indonesia dan di luar negeri semua selalu menampilka­n dengan gaya klasik. Tapi, kali ini kita menjadi yang pertama membawakan­nya secara modern,’’ terangnya.

Menurut Marlupi, yang membedakan gaya klasik dan modern adalah gerakannya. ’’Kalau yang klasik itu rapi banget dan sangat-sangat teliti. Kaki benar-benar harus lurus, nggak boleh ditekuk. Tapi, di bentuk yang modern ini, kakinya boleh ditekuk,’’ sambungnya. Meski menggunaka­n pointed shoes, gerakan tidak terlalu dibatasi. ’’Pokoknya masih bisa bebas,’’ imbuhnya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i yang ada di antara undangan mengaku senang bisa hadir. Apalagi, ada cucunya yang juga turut tampil. ’’Saya sangat berterima kasih sekali kepada Tante Marlupi, di usia yang sudah cukup lanjut tidak pernah lelah dan tidak pernah menyerah untuk terus mengajar langsung,’’ ucapnya dalam sambutan malam itu.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
ALFIAN RIZAL/JAWA POS
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? SENTUHAN MODERN: Foto atas, siswa Marlupi Dance Academy menyajikan The Swan Lake in Modern Ballet di Gedung Balai Pemuda kemarin malam (10/11). Odette yang diperankan Rebecca Alexandria Hadibroto menari bersama Prince Siegfried yang diperankan Michael Halim.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS SENTUHAN MODERN: Foto atas, siswa Marlupi Dance Academy menyajikan The Swan Lake in Modern Ballet di Gedung Balai Pemuda kemarin malam (10/11). Odette yang diperankan Rebecca Alexandria Hadibroto menari bersama Prince Siegfried yang diperankan Michael Halim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia