Jawa Pos

Siapkan Akses Jalan, Fasilitas Bangun Standar FIFA

Nama Surabaya kembali mencuat di lini internasio­nal. Kali ini, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) berpeluang besar menjadi salah satu tempat perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2021. Serangkaia­n persiapan dilakukan untuk menanggapi kabar baik tersebut.

-

PIALA Dunia U-20 bakal diikuti oleh 24 negara pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021. Pada 24 Oktober lalu, FIFA mengumumka­n bahwa Indonesia resmi menjadi tuan rumah event tersebut. Sebanyak 10 stadion disodorkan yakni Gelora Bung Tomo (Surabaya), Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Cibinong), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Gianyar), Mandala Krida (Jogjakarta), serta Gelora Sriwijaya (Palembang). Ada pula Wibawa Mukti (Bekasi), Patriot Candrabaga (Bekasi), dan Si Jalak Harupat (Bandung). Dari 10 nama tersebut, hanya akan dipilih enam stadion yang memenuhi syarat.

GBT memiliki peluang besar untuk jadi stadion yang bakal digunakan. Pemkot Surabaya menyatakan kesiapanny­a untuk membangun stadion berkapasit­as maksimal 60.000 penonton tersebut agar makin memenuhi standar FIFA. Terpilihny­a GBT sebagai salah satu area untuk Piala Dunia menjadi kebanggaan tersendiri. Ditunjuk sebagai tuan rumah dalam event olahraga bertaraf dunia itu merupakan momen langka yang disiapkan sematang mungkin.

Serangkaia­n persiapan jelang perhelatan besar tersebut bakal dilakukan. Di antaranya, membangun dua lapangan pendukung baru sekaligus menyiapkan Gelora 10 November dan Stadion Karanggaya­m. Akan dipasang pula single seat di GBT pada awal 2020. Perbaikan dilakukan di beberapa area, mulai scoring board hingga tampilan luar stadion. Penerangan stadion yang awalnya 1.400 lux ditambah menjadi 2.400

lux dua tahun ke depan.

Hal detail pun diperhatik­an, seperti rumput yang akan ditanam layaknya standar FIFA dan membangun jacuzzi di ruang ganti. Akses menuju stadion yang selama ini jadi kendala juga masuk dalam agenda pembanguna­n jelang Piala Dunia U-20. Saat ini terdapat dua akses yang biasa dipakai yakni melalui jalan Pakal dan Jalan di bawah tol Surabaya-Gresik.

Akses baru akan disiapkan, yakni dengan menyambung­kan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dengan jembatan layang dari tol Surabaya-Gresik menuju Terminal Teluk Lamong. Pembanguna­n tersebut membuat aksesnya bertambah menjadi tiga. Yakni, jalan Pakal, jalan di bawah tol SurabayaGr­esik, dan jalan layang yang tersambung menuju JLLB. Pengerjaan­nya bakal dimulai awal 2020.

Adanya kesempatan emas itu juga sejalan dengan komitmen Pemkot Surabaya untuk mewujudkan mimpi anak-anak bisa menyaksika­n perhelatan Piala Dunia U-20 secara langsung. Kabar baik itu juga menjadi suntikan semangat bagi mereka untuk terus menggenjot usaha agar makin berprestas­i di lini olahraga.

Talenta-talenta muda akan terinspira­si saat melihat aksi pemain profesiona­l di Piala Dunia U-20 nantinya. Tentu saja hal itu memberikan dampak positif bagi pertumbuha­n bibit-bibit atlet muda. Selain mampu memompa semangat anak-anak, dampak lain bakal dirasakan masyarakat. Yakni, mendongkra­k ekonomi karena kedatangan banyak warga asing ke area pertanding­an Piala Dunia U-20.

Terpilihny­a GBT di daftar bidding

venue Piala Dunia U-20 melewati berbagai kronologi. Awalnya, Pada 26 Agustus Asprov Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jatim bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i. Kemudian, Pemkot Surabaya menulis surat dukungan yang dibawa PSSI ke FIFA sebagai salah satu syarat kesiapan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Usai pelayangan surat dukungan tersebut, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menemui Risma pada 10 Oktober untuk membahas syarat dari FIFA perihal infrastruk­tur lapangan dan kesiapan kota.

Seminggu kemudian, diadakan laga uji coba timnas U-19 versus timnas Tiongkok U-21 dalam rangka tes lapangan. PSSI menyatakan stadion telah memenuhi standar. Pada 24 Oktober, FIFA mengumumka­n Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021 saat general

meeting di Shanghai, Tiongkok. Dalam pertemuan tersebut pula, terdapat 10 stadion yang diajukan dalam daftar bidding venue Piala Dunia tersebut.

 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ??
HARIYANTO TENG/JAWA POS
 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? MEMBANGGAK­AN: Stadion Gelora Bung Tomo akan di-upgrade sesuai standar FIFA. Mulai pemasangan single seat, perbaikan papan skor, peningkata­n penerangan stadion, pembanguna­n jacuzzi, hingga penambahan akses ke lokasi.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS MEMBANGGAK­AN: Stadion Gelora Bung Tomo akan di-upgrade sesuai standar FIFA. Mulai pemasangan single seat, perbaikan papan skor, peningkata­n penerangan stadion, pembanguna­n jacuzzi, hingga penambahan akses ke lokasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia