Tambah Armada Angkutan Libur Nataru

Jawa Pos - - FRONT PAGE -

JAKARTA, Jawa Pos – Pemerintah mempersiap­kan segala sarana untuk mengantisi­pasi libur panjang saat Natal dan tahun baru (Nataru).

Mulai menambah angkutan transporta­si hingga memastikan kesiapan infrastruk­tur jalan

Menteri Perhubunga­n (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah angkutan darat dan laut yang disiapkan kali ini lebih banyak daripada tahun lalu. Mulai bus, kereta api, hingga kapal rollon roll-off (ro-ro). Masing-masing meningkat 1,91 persen, 2,53 persen, dan 5,55 persen.

Dengan jumlah armada lebih banyak, pemerintah tetap memperhati­kan aspek keselamata­n dan kualitas pelayanan. ”Kami telah menyiapkan 21 terminal yang tersebar di 12 provinsi seIndonesi­a dan 11 lintas pelabuhan penyeberan­gan. Pada intinya, kami mempersiap­kan aspek prasarana jalan dan angkutan umum, manajemen operasiona­l lalu lintas, dan pengendali­an kecelakaan lalu lintas,” papar Budi kemarin.

Selama masa arus mudik Nataru, pasar tumpah juga menjadi perhatian khusus. Sebab, keberadaan­nya rawan menimbulka­n macet. Koordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan Polri dilakukan untuk pengamanan dan rekayasa lalu lintas.

Kemenhub juga membatasi pergerakan kendaraan angkutan barang pada periode 20–21 Desember, 25 Desember, dan 31 Desember–1 Januari 2020. Pembatasan

akan dilakukan di 6 ruas tol dan 13 ruas jalan nasional. Pembatasan kendaraan angkutan barang tidak berlaku bagi kendaraan pengangkut bahan bakar minyak dan gas, barang eksporimpo­r dari dan ke pelabuhan, ternak, pupuk, antaran pos dan uang, serta bahan makanan pokok.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon­o memastikan tol trans-Jawa sepanjang 1.002 km siap digunakan saat libur Nataru. ”Termasuk Jakarta–Cikampek II elevated 36 km yang akan diresmikan dan dioperasik­an pada minggu kedua Desember,” ucap Basuki.

GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.