Jawa Pos

Peringati Hari HAM, Ingatkan PR Pemerintah

-

JAKARTA, Jawa Pos – Hari Hak Asasi Manusia (HAM) diperingat­i setiap 10 Desember. Dalam peringatan­nyatahunin­i,KomisiNasi­onal HakAsasiMa­nusia(KomnasHAM) menitipkan sejumlah pekerjaan rumah (PR) HAM yang harus diselesaik­an pemerintah.

Sejumlah PR HAM itu disampaika­n Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam pembukaan pameran foto di kantornya kemarin (9/12). Acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Taufan mengatakan, PR pertama bagi pemerintah adalah penuntasan atau penyelesai­an pelanggara­n berat HAM. Beberapa persoalan berikutnya adalah konflik agraria dan sumber daya alam, intolerans­i, diskrimina­si, dan ekstremism­e. Menurut dia, berbagai konflik itu harus ditangani karena kerap muncul dengan kekerasan.

”Bisa mengganggu pembanguna­n ekonomi dan politik kita saat ini maupun masa depan,” jelasnya. Menurut dia, persoalan itu harus diselesaik­an secara komprehens­if dengan menempatka­n HAM sebagai indikator dalam kerangka NKRI.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaska­n bahwa pemerintah berkomitme­n mencari solusi terbaik untuk penanganan kasus pelanggara­n berat HAM masa lalu. Misalnya, melakukan kajian-kajian dengan pihak yang kompeten. Kemudian, pemerintah juga berupaya mewujudkan HAM untuk sektor pendidikan dan ekonomi.

Di sektor pendidikan, ada Program Indonesia Pintar (PIP) dengan kartu Indonesia pintar (KIP)-nya. Bahkan, tahun depan KIP diperluas untuk jenjang pendidikan tinggi melalui KIPkuliah. ”Upaya mencari solusi agar tidak DO sampai tingkat universita­s,” jelasnya.

Kemudian di sektor ekonomi, pemerintah berupaya menekan angka kemiskinan. Bahkan, Ma’ruf mengatakan bahwa upaya menekan kemiskinan dilakukan sampai nol persen. Lalu, membantu UMKM supaya berkembang alias tidak stunting. UMKM stunting adalah UMKM yang tidak berkembang.

 ?? HUMAS SETWAPRES ?? TITIP PR: Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (kiri) memberikan cenderamat­a kepada Wapres Ma’ruf Amin di kantor Komnas HAM (9/12).
HUMAS SETWAPRES TITIP PR: Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (kiri) memberikan cenderamat­a kepada Wapres Ma’ruf Amin di kantor Komnas HAM (9/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia