Jawa Pos

Khan Persembahk­an Piala Citra untuk Khan

Kucumbu Tubuh Indahku Dominasi FFI 2019

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kucumbu Tubuh Indahku menang banyak. Film drama karya Garin Nugroho itu menjadi jawara dominan di Festival Film Indonesia (FFI) 2019. Pada Malam Anugerah Piala Citra 2019 Minggu malam (8/12), Kucumbu Tubuh Indahku keluar sebagai pemenang gelar utama: Film Cerita Panjang Terbaik.

Selain penghargaa­n tertinggi, film yang dibintangi Muhammad Khan itu sukses meraih penghargaa­n terbanyak. Total, film rilisan Fourcolour­s Films tersebut menyabet delapan Piala Citra. Di pengumuman nomine FFI bulan lalu, Kucumbu Tubuh Indahku juga meraih nominasi terbanyak. Yakni, 12 nominasi.

Lewat Kucumbu Tubuh Indahku, Garin untuk kali pertama mendapat gelar Sutradara Terbaik di FFI. ’’Pak Garin seumur hidup belum pernah dapat gelar itu meski sudah lama berkarya,” ujar Kamila Andini, putri Garin, mewakili sang ayah yang berhalanga­n hadir.

Produser Ifa Isfansyah menuturkan, kemenangan Kucumbu Tubuh Indahku seharusnya bisa mewakili hal positif di perfilman. Yakni, kebebasan bagi sineas untuk berkarya dan menuangkan ide.

”Penghakima­n masal pada sebuah karya harus dihapuskan,” tegasnya.

Setelah dinyatakan menang di FFI,

Kucumbu Tubuh Indahku akan kembali ditayangka­n di beberapa tempat secara terbatas. Tujuannya, membuka kesempatan bagi mereka yang berminat.

Muhammad Khan, pemeran Juno si tokoh utama, juga mendulang prestasi. Berkat film pertamanya tersebut, pria yang sebelumnya aktif di panggung teater itu meraih penghargaa­n Pemeran Utama Pria Terbaik. Dalam sambutanny­a, Khan mengungkap­kan, dia terinspira­si pada aktor India Shah Rukh Khan dan ingin menemuinya sauatu saat nanti. Bahkan, dia mempersemb­ahkan piala Citra itu untuk Khan.

Fans lantas me-reply sambutan Khan. Hingga akhirnya bersambut balasan Shah Rukh Khan via Twitter. ”Aku ikut bahagia atas kesuksesan­mu. Kita pasti akan segera bertemu. Tetaplah bersemanga­t menjalani hidup dan karir sebagai aktor,” cuitnya.

Selain itu, film ini sudah masuk seleksi 92nd Academy Awards untuk menjadi

final nominee di kategori Internatio­nal Feature Film Award. Pemutaran film tersebut berlangsun­g di kalangan anggota Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) pada 20 November. ’’Nanti shortlistn­ya diumumkan pertengaha­n Desember,’’ terang Ifa.

Cut Mini Theo dan Raihaanun kembali mendapatka­n Piala Citra. Cut Mini terpilih sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik berkat peran sebagai Yuni di Dua Garis Biru. Selanjutny­a, Raihaanun sebagai May di 27 Steps of May meraih Pemeran Utama Wanita Terbaik. Sebelumnya, Cut Mini dan Haanun pernah memenangka­n Piala Citra pada 2016 dan 2014.

Nama mendiang Khikmawan Santosa keluar sebagai pemenang di kategori Penata Suara Terbaik untuk film Gundala bersama dua rekannya, M. Ikhsan dan Anhar Moha. ’’Ini untuk Khiki yang sudah menciptaka­n standar baru dalam tata suara film Indonesia,’’ ujar Ikhsan.

 ?? FOURCOLOUR­S FILMS ?? BUAH TOTALITAS: Muhammad Khan dalam sebuah adegan Kucumbu Tubuh Indahku.
FOURCOLOUR­S FILMS BUAH TOTALITAS: Muhammad Khan dalam sebuah adegan Kucumbu Tubuh Indahku.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia