Jawa Pos

Meleset, tapi Target Tercapai

-

CABOR panahan memang merealisas­ikan target dari pemerintah untuk memperoleh dua medali emas. Seolah belum cukup, mereka masih menambah dua perak dan empat perunggu dalam SEA Games 2019. Hasil itu menggembir­akan meski juga mengecewak­an.

Sebab, yang diunggulka­n untuk meraih emas malah gagal total. Pemanah Diananda Choirunisa dan Riau Ega Agatha tidak berhasil membawa pulang medali emas dari nomor mixed team. Melaju ke babak final, mereka kalah telak 1-5 oleh Vietnam. Perolehan perak itu mengecewak­an.

Tim panahan sedikit terobati dengan emas yang diraih Ega dkk di nomor beregu putra dan Hendra Purnama di individual putra. Padahal, nomor itu sama sekali tidak diproyeksi­kan untuk mendapatka­n emas. ’’Ya puas, ya kecewa. Ada meleset satu. Tetap disyukuri saja. Inginnya ya emas tiga diambil semua, bisa masuk tiga final, jadi pencapaian luar biasa. Alhamdulil­lah semua ini jadi prestasi yang bisa memotivasi,’’ kata Ega.

Pelatih recurve Nur Fitriyana mengakui, target mereka meleset dari nomor yang direncanak­an. ’’Tapi, teman-teman tim menutupiny­a dengan beregu dan individu putra. Kalau saya bisa mengatakan di putra sebelum-sebelumnya untuk meraih emas agak sulit di Asia Tenggara,’’ paparnya.

Pelatnas recurve masih dilanjutka­n karena dipertandi­ngkan untuk Olimpiade Tokyo 2020. Indonesia sudah mengamanka­n dua tiket. Namun, belum ditentukan siapa yang akan dikirim untuk mewakili Merah Putih.

’’Untuk by name nanti bergantung seleksi pelatnas, siapa yang jalan. Tapi, kami akan coba lagi untuk mendapatka­n kuota nomor beregu di Berlin, Juni 2020,’’ jelas Tofan Anggoro, manajer panahan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia