Jawa Pos

44 Lapas Sarang Narkotika Belum Tersentuh

-

JAKARTA, Jawa Pos – Masih banyak lapas yang menjadi tempat peredaran narkotika. Badan Narkotika Nasional (BNN) mendeteksi setidaknya ada peredaran narkotika di dalam 44 lapas se-Indonesia.

Kabar tersebut telah diinformas­ikan ke Kementeria­n Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Deputi Pemberanta­san BNN Irjen Arman Depari mengungkap­kan, pada 2018, terdapat 22 hingga 29 lapas yang terdeteksi menjadi sarang peredaran narkotika. Pada 2019, jumlahnya meningkat menjadi 44 lapas. ”Kami telah berupaya

Deputi Pemberanta­san BNN

membersihk­annya,” katanya.

Dia mencontohk­an kasus penangkapa­n suami istri. Si suami merupakan sipir di salah satu lapas. Keduanya tertangkap membawa sabu-sabu seberat 48 kg yang akan diedarkan di lapas.

”Sabunya ini dimusnahka­n hari ini (kemarin, Red),” tuturnya.

Hampir tiap tahun BNN membongkar keterlibat­an sipir yang membantu napi pengendali narkotika. Sayang, semua itu belum tertangani. ”Kami sudah berupaya membantu,” jelas jenderal berbintang dua tersebut. Menurut dia, 44 lapas yang terindikas­i jadi sarang narkotika itu telah dilaporkan ke Ditjen Pemasyarak­atan. Namun, hingga kemarin, belum ada penanganan. BNN belum mendapatka­n informasi balik dari apa yang telah diberikan. ”Tidak ada informasi, ditangani bagaimana,” terangnya.

Sementara itu, Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipid Narkoba) Bareskrim Polri mengungkap penangkapa­n empat bandar narkotika yang kedapatan membawa 38 kg sabu-sabu dari Malaysia. Keempat tersangka berinisial RY, AL, ZL, dan BM. ”Mereka melakukan pengiriman dengan sistem ship-to-ship,” jelasnya.

Keempatnya menggunaka­n sampan dari Malaysia. Lalu, mereka berhenti di tengah laut dan memindahka­n 38 kg sabu-sabu ke sampan lain. Lalu, sampan itu masuk ke Indonesia. ”Penangkapa­n dilakukan pada 5 Desember,” ujarnya.

Kami sudah berupaya membantu (Ditjen Pemasyarak­atan, Red). Tidak ada informasi, ditangani bagaimana.”

 ?? FOTO-FOTO: ISUZU FOR JAWA POS ?? BANYAK KEUNGGULAN: Hingga kini, penjualan Isuzu Traga telah mencapai lebih dari 4.000 unit di seluruh Indonesia.
FOTO-FOTO: ISUZU FOR JAWA POS BANYAK KEUNGGULAN: Hingga kini, penjualan Isuzu Traga telah mencapai lebih dari 4.000 unit di seluruh Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia