Jawa Pos

Tiga Partai Pertanyaka­n Status Gunawan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tiga partai politik (parpol) mempertany­akan status Gunawan. Kader PSI itu telah mendeklara­sikan diri maju lewat jalur independen bersama Samuel Teguh Santoso. Padahal, namanya masih tercatat sebagai bakal calon wali kota (bacawali) di PDIP, Nasdem, dan partainya sendiri.

Ketua DPD PSI Surabaya Josiah Michael mengatakan belum mendapat konfirmasi mengenai majunya Gunawan dari jalur independen. Dia hanya mengetahui­nya lewat media. ”Pernyataan langsung ke kita belum ada,” ujarnya kemarin (9/12).

Sesuai prosedur, nama-nama yang sudah tercatat sebagai bacawali tetap harus mengikuti penjaringa­n yang sedang berjalan. Di PSI, ada beberapa tahapan yang dilaksanak­an dalam waktu dekat.

Terpisah, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Nasdem Surabaya Sri Hono Yularko mengaku juga belum dikonfirma­si terkait kemunduran Gunawan dari penjaringa­n bacawali di partainya. Hono mengetahui kabar majunya Gunawan dari jalur independen bersama Samuel Teguh Santoso baru dari media. ”Dari yang bersangkut­an belum ada kabar,” katanya.

Karena itu, dia meminta Gunawan segera memberikan kepastian. Jika memang mundur, harus ada pernyataan resmi agar namanya dihilangka­n dari daftar kandidat yang sedang mengikuti running pilwali.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Adi Sutarwijon­o menilai keputusan untuk maju dari jalur independen merupakan hak setiap kandidat. Partai menghargai hal tersebut. Karena itu, dia tidak mempermasa­lahkan jika memang Gunawan ingin mundur dari pencalonan­nya di PDIP.

Di sisi lain, Gunawan mengatakan memang belum memberitah­ukan secara lisan maupun tertulis ke partai-partai tempat dirinya mendaftar. ”Sebenarnya sudah ada rencana bertemu Josiah (ketua DPD PSI Surabaya,

Red), tapi tertunda karena ada halangan,” katanya.

Sementara itu, Relawan Risma Selamanya semakin intens mengadakan kegiatan. Kemarin para relawan dari Kelurahan Bringin, Sambikerep, menggelar tumpengan dan makan bersama. Hal itu merupakan wujud syukur atas kesejahter­aan warga Sambikerep selama kepemimpin­an Wali Kota Tri Rismaharin­i.

 ?? ADI/JAWA POS ?? TERUS BERGULIR: Relawan Risma Selamanya Sambikerep membentang­kan spanduk untuk menyalurka­n aspirasi.
ADI/JAWA POS TERUS BERGULIR: Relawan Risma Selamanya Sambikerep membentang­kan spanduk untuk menyalurka­n aspirasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia