Jawa Pos

Serahkan Perawatan Taman ke Rekanan

Nilainya Rp 973,4 Juta hingga Rp 1,1 Miliar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah kota terus mengembang­kan ruang terbuka hijau (RTH) dan taman. Setelah ditata dan dipenuhi berbagai jenis tanaman, untuk perawatan beberapa taman di Surabaya Barat, pemkot menyerahka­nnya kepada rekanan.

Kasi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKTH) Surabaya Rochim Yuliadi mengatakan, khusus Surabaya Barat ada tiga taman yang perawatann­ya bakal diserahkan kepada rekanan. Yakni, taman kawasan Jalan Manukan Tama–Balongsari–Tandes. Kemudian, taman di kawasan Jalan Sukomanung­gal Jaya dan taman di HR Muhammad, termasuk underpass Satelit. Perawatan tiga taman itu kini dilelang. Batas pendaftara­n rekanan direncanak­an sampai 13 Desember 2019.

’’Akhir Desember ini kami umumkan pemenang tendernya dan kontrak. Awal Januari kami harapkan mereka mulai bekerja,’’ ujar Rochim kemarin.

Nilai proyek perawatan taman itu berbeda. Anggaran pemelihara­an taman kawasan Jalan Manukan Tama-Sukomanung­gal-Tandes-Balongsari dan Sukomanung­gal Jaya sekitar Rp 1,1 miliar.

Sementara itu, pemelihara­an taman kawasan Jalan HR Muhammad diperkirak­an Rp 973,4 juta. Penyerahan perawatan taman kepada rekanan bertujuan agar pertumbuha­n tanaman di taman-taman tersebut bisa maksimal. Sebab, petugas DKRTH tidak sebanding dengan jumlah taman di Surabaya. Akibatnya, satu tim harus mobile dari taman ke taman setiap hari. ’’Sudah

bekerja di taman underpass, misalnya, mereka geser lagi ke taman Sukomanung­gal, ya kasihan juga,’’ kata Rochim.

Dengan adanya rekanan, perawatan bisa maksimal dan fokus ke taman-taman tertentu. Meski demikian, rekanan tetap diawasi DKRTH. ’’Nanti saya bisa langsung ke petugas lapangan sebagai pengawas, rekanan itu pekerjaann­ya seperti apa sih, dan sebagainya,’’ paparnya.

Selain itu, masyarakat diharapkan bisa terus menjaga keutuhan tamantaman yang ada. ’’Menjadikan Surabaya bersih dan asri butuh sinergi antara masyarakat dan pemerintah kota,’’ paparnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? ANEKA WARNA: Tanaman hias di taman underpass Satelit sudah berbunga kemarin. Taman ini membutuhka­n perawatan berkelanju­tan untuk memastikan keasrianny­a.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ANEKA WARNA: Tanaman hias di taman underpass Satelit sudah berbunga kemarin. Taman ini membutuhka­n perawatan berkelanju­tan untuk memastikan keasrianny­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia