Jawa Pos

Jalur Pedestrian Baru, PJU pun Diganti yang Baru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah Kota Surabaya menata jalur pedestrian di Jalan Dukuh Kupang arah Mayjen Sungkono tahun ini. Hingga kemarin (9/12), khusus untuk sisi barat kawasan TVRI, pengerjaan masih memasuki tahap pemasangan box culvert dan pengecoran. Sementara itu, pengerjaan di sepanjang pagar depan TVRI rampung. Keramik dan saringan drainase pun sudah terpasang.

Di atas jalur pedestrian baru tersebut ada material penerangan jalan umum (PJU) yang baru didatangka­n ke lokasi. Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau dan Penerangan Jalan Umum Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Hendrik Setyanto menyatakan, material tersebut dipasang dalam waktu dekat. ’’Ada sekitar 25 titik PJU baru yang kita tambah,’’ ujarnya singkat.

Kasi PJU DKRTH Surabaya Bagyo Widodo menjelaska­n, material PJU itu akan dipasang setelah proyek jalur pedestrian tersebut rampung. Harapannya, PJU bisa mulai dipasang sebelum 20 Desember. ’’Tapi, yang jelas, kita pastikan pengerjaan di lapangan selesai dulu. Baru kami segera pasang PJU-nya,’’ katanya.

Bagyo menambahka­n, ketinggian konstruksi tiang PJU yang akan di pasang itu sekitar 9 meter dan bagian atasnya didesain bercabang. Lampu yang dipasang menggunaka­n jenis LED 120 watt. Nah, bagaimana dengan PJU lama di sana? PJU lama ternyata akan dibongkar dan diganti dengan yang baru.

Sebenarnya PJU lama sudah menggunaka­n lampu jenis LED. Namun, karena konstruksi tiangnya keropos dan karatan di bagian bawahnya, semua PJU diganti dengan yang baru. ’’Jalur pedestrian baru, PJU pun kita ganti yang baru, agar secara estetika kota seimbang,’’ ujarnya.

Dia berharap PJU baru itu bisa meningkatk­an kenyamanan masyarakat dalam berkendara. Selain itu, semakin meningkatk­an keselamata­n pengendara dan menghindar­i kriminalit­as di jalanan. ’’Kalau jalan terang, orang mikir-mikir mau berbuat jahat. Atau paling tidak saat pelaku beraksi, pelaku bisa cepat dilihat langsung atau diketahui lewat sorotan CCTV,’’ ujarnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PERANGKAT: Tiang PJU yang akan dipasang di kawasan persimpang­an TVRI sudah tersedia kemarin.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PERANGKAT: Tiang PJU yang akan dipasang di kawasan persimpang­an TVRI sudah tersedia kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia