Jawa Pos

Gresik Bisa, Jangan Minder dengan Surabaya

-

GRESIK, Jawa Pos – Program inovasi Gresik Bisa (Bersih, Indah, Sejuk, dan Asri) 2019 memasuki puncaknya pada Minggu malam (8/12). Berakhirny­a event kerja sama Pemkab Gresik dan Jawa Pos itu ditandai dengan penganuger­ahan kepada para peserta. Mulai kategori sekolah, permukiman, hingga perusahaan.

Awarding di pelataran Icon Mall Gresik tersebut berlangsun­g meriah. Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat hadir. Di antaranya, Bupati Sambari Halim Radianto, Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani, dan Wakil Ketua DPRD Gresik dr Asluchul Alif. Hadir pula Pemred Jawa Pos Ibnu Yunianto.

Dalam sambutanny­a, Sambari menuturkan bahwa kompetisi Gresik Bisa ini diadakan untuk merangsang penataan dan pelestaria­n lingkungan. Dia pun memuji kesuksesan Kota Surabaya yang terlihat lebih asri. ’’Jangan minder. Tapi, jadikanlah rasa iri itu sehingga kita memiliki semangat untuk tergerak bersama-sama melestarik­an lingkungan,’’ ujarnya.

Doktor lulusan Unair itu pun berharap semangat peduli lingkungan tidak berakhir ketika event Gresik Bisa sudah selesai. Menurut Sambari, rangsangan­rangsangan penataan dan pelestaria­n lingkungan sudah saatnya terus diterapkan di lingkungan masing-masing. ’’Tidak ada event pun harus semangat menjaga lingkungan,’’ tuturnya. Pada program Gresik Bisa 2019, pemkab telah memberikan sejumlah penghargaa­n kepada ratusan peserta. Ada 39 sekolah yang meraih penghargaa­n adiwiyata. Selain itu, setiap jenjang sekolah mendapat juara pelestaria­n lingkungan terbaik. Award juga diberikan untuk permukiman, baik kategori pemula, berkembang, maupun rintisan (Kotaku).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Moh. Najikh memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pihak yang terlibat dalam program Gresik Bisa. Terutama para peserta yang telah menunjukka­n partisipas­i luar biasa dalam penataan dan pengelolaa­n di lingkungan masing-masing. Kalaupun ada kekurangan, pihaknya juga menyampaik­an permohonan maaf.

’’Sekali lagi, juara itu hanya sebagai rangsangan. Yang terpenting adalah komitmen bersama untuk terus menjadikan Gresik Bisa,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia