Jawa Pos

Proyek Saluran Makan Sepertiga Jalan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya menata kawasan Jalan Raya Kertajaya Indah, Manyar Sabrangan, Mulyorejo. Yakni, memasang box culvert dan menggali saluran di sisi utara jalan.

Proyek yang berjalan sejak September itu membuat lalu lintas di area tersebut padat. Terutama saat pagi dan sore. Kendaraan yang bergerak dari Jalan Manyar Kertoarjo menuju ITS atau MERR berjalan pelan ketika bertemu titik pengerjaan. Sebab, sepertiga jalan yang lebarnya 6 meter itu termakan oleh pengerjaan. ’’Kepadatan itu cukup mengganggu lalu lintas,’’ ungkap seorang pengendara, Bagus Setyawan.

Dia menjelaska­n, jalur itu merupakan ruas arteri menuju Surabaya Timur, Selatan, maupun Utara. ’’Kalau kemacetan terjadi, itu berpengaru­h ke kondisi pengendara. Mereka bisa stres atau minimal pening,’’ ucapnya. Dia memang sering menggunaka­n ruas tersebut sebagai akses ke rumahnya di Sidoarjo. ’’Saya berharap pemkot segera menyelesai­kannya biar arus lalu lintas lancar,’’ tutur Bagus.

Berdasar pengamatan, mulai Jalan Raya Kertajaya Indah Nomor 53–111, ruas jalannya termakan. Daerah itu berdekatan dengan perempatan Jalan MERR dan Jalan Raya ITS. Kepadatan makin parah kalau pengendara dari arah Jalan Kertajaya Indah Tengah melintas.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Mulyorejo Deddy Sjahrial Kusuma menuturkan, proyek itu sudah berjalan tiga bulan ini. Panjangnya 1 kilometer. Dimulai dari arah Jalan Kertajaya Indah Tengah hingga ke perempatan MERR– Jalan Raya ITS–Jalan Raya Kertajaya Indah. ’’Proyek ini untuk mempermuda­h aliran air saluran. Tujuannya, mencegah banjir,’’ ujarnya. Proyek tersebut akan selesai akhir Desember.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? BIKIN LALU LINTAS PADAT: Beragam material untuk proyek box culvert memakan badan Jalan Raya Kertajaya Indah.
DIMAS MAULANA/JAWA POS BIKIN LALU LINTAS PADAT: Beragam material untuk proyek box culvert memakan badan Jalan Raya Kertajaya Indah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia