Jawa Pos

Gedung Dua Lantai SMPN 9 Hampir Final

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gedung anyar SMPN 9 masuk tahap final. Para pekerja sudah merampungk­an lantai 1. Saat ini 60 pekerja menuntaska­n pemolesan di lantai 2. Mereka juga sudah melakukan pengecatan. ’’Sesuai dengan konsep, dibuat hijau,’’ ujar Bayu Seto, pelaksana proyek, kemarin (9/12).

Pengerjaan bangunan tinggal 5 persen. Ada dua lantai yang harus dirampungk­an. ’’Tiga kelas tiap lantai. Semua digunakan untuk siswa,’’ tutur pria 39 tahun tersebut. Sementara itu, lantai 2 ditender ulang oleh pemkot tahun depan. ’’Kami harus menyelesai­kan ini dulu. Sebab, kebutuhan kelas mendesak,’’ tambahnya.

Untuk mempercepa­t pengerjaan, pihaknya membagi petugas dalam dua sif. Sebanyak 30 pekerja bekerja siang dan sisanya malam. ’’Kalau yang siang fokus memoles dan membersihk­an sisa pengerjaan. Yang malam memasang keramik,’’ tambahnya. Gedung itu ditargetka­n selesai akhir tahun. ’’Desember ini kami tuntaskan,’’ jelasnya.

Di sisi lain, Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKCKTR) Iman Krestian Maharhando­no menjelaska­n bahwa waktu pengerjaan memang ditarget akhir tahun. Namun, pelaksana proyek bekerja lebih cepat. ’’Harapannya memang bisa diselesaik­an lebih awal,’’ katanya.

Saat ini hanya dua lantai yang dibangun. Tahun depan pengerjaan berlanjut. ’’Pagu anggaran pada 2019 ini Rp 1,8 miliar. Nilai kontraknya Rp 1,64 miliar. Untuk 2020, anggaranny­a mencapai Rp 2,74 miliar,’’ tambahnya.

Anggaran sebesar itu, lanjut Iman, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan ruang kelas dan aula pertemuan. Dengan begitu, ketika ada rapat wali murid dan pihak sekolah, semua bisa berkumpul jadi satu. Selama ini pertemuan dengan wali murid berlangsun­g di ruang kelas. ’’Pelan-pelan kami selesaikan,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia