Jawa Pos

Tambah Yellow Box Junction di Perempatan yang Padat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya terus memperbany­ak yellow box junction (YBJ) di kawasan utara. Markah berwarna kuning ngejreng itu dibikin di sejumlah perempatan padat kendaraan. Selain untuk mencegah kecelakaan, YBJ diharapkan mampu mengantisi­pasi kemacetan.

Salah satu YBJ anyar berada di perempatan Dupak. Rambu berupa garis kuning menyilang tampak mencolok. Meski begitu, tidak semua pengendara mengetahui fungsi YBJ tersebut.

’’Nggak ngerti. Tidak paham,” kata salah seorang pengendara di Jalan Dupak yang berhenti di YBJ kemarin (9/12). Jawa Pos mengingatk­annya. Namun, pengendara motor tersebut tetap santai menunggang­i kendaraann­ya dan tak menggubris peringatan.

Berdasar aturan, pengendara dilarang berhenti di dalam kotak YBJ. Pengendara baru boleh melintas jika area YBJ benar-benar steril. Artinya, tak ada kendaraan yang melaju dari arah lain.

Kenyataann­ya, keberadaan YBJ belum sepenuhnya mampu menertibka­n pengendara. Saat lampu lalu lintas berwarna merah, masih banyak pengguna jalan yang nyelonong dan berhenti di dalam YBJ. Mereka tidak sabar untuk segera meninggalk­an perempatan.

Kanit Lantas Polsek Bubutan Iptu Sigit Ekan Sahudi menjelaska­n, pembuatan YBJ merupakan inisiatif dishub. Polisi mengapresi­asinya. ”Saat ini perempatan Dupak menjadi salah satu perempatan yang padat di utara. Jadi, sangat perlu markah baru,” kata Sigit.

Selama ini, lanjut dia, masih banyak pengendara yang bertindak seenaknya di perempatan Dupak. Di antaranya, melebihi garis zebra cross saat lampu merah.

Sigit menegaskan bahwa keberadaan markah membantu polisi dalam menertibka­n pelanggara­n. Sanksi tilang akan diberikan bagi pengendara yang masih bandel.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? INGATKAN PENGENDARA: Polisi memantau efektivita­s markah yellow box junction yang baru difungsika­n di perempatan Dupak kemarin (9/12).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS INGATKAN PENGENDARA: Polisi memantau efektivita­s markah yellow box junction yang baru difungsika­n di perempatan Dupak kemarin (9/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia