Jawa Pos

Jelang Nataru, Gelar Patroli dan Unjuk Almatsus Baru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Arus kapal yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak bakal meningkat seiring melonjakny­a penumpang pada libur Natal dan tahun baru (Nataru). Untuk menjaga keselamata­n berlayar, jajaran Ditpolairu­d Polda Jatim mengadakan apel persiapan kemarin (9/12). Kegiatan tersebut juga ditandai dengan patroli bersama dan pengenalan alat material khusus (almatsus) yang baru.

Patroli berlangsun­g mulai pukul 10.00. Dirpolairu­d Polda Jatim Kombespol Arnapi memimpin langsung anak buahnya dalam memantau perairan di sekitar Surabaya. Ada tiga kapal patroli yang mengintai kawasan Pelabuhan Tanjung Perak.

Arnapi menjelaska­n, 16 unit kapal siap dipakai untuk mengamanka­n perairan. Sebagian sudah disebar ke kabupaten-kabupaten. ’’Kami ingin memastikan tidak ada kriminalit­as atau kecelakaan di laut,’’ ujarnya.

Tidak hanya didukung penuh oleh armada, ada almatsus anyar yang mendukung operasi petugas. Kemarin (9/12) alat-alat baru dipamerkan. Selain kapal anyar, ada alat pelontar dan radiasi nuklir. ’’Kami juga punya drone anyar untuk mendeteksi kondisi bawah laut,’’ tambahnya.

Berdasar penjelasan Arnapi, drone mampu menyelam hingga kedalaman 300 meter. Hal itu memungkink­an petugas untuk bergerak cepat saat kecelakaan. Terutama mencari korban tenggelam di laut.

Selain ditpolairu­d, persiapan menyambut Nataru dilakukan Pelindo III. BUMN itu menyiapkan sejumlah bus untuk layanan mudik gratis. Kuotanya mencapai 20 ribu orang. Bus akan stand by di Pelabuhan Tanjung Perak. Masyarakat bisa memanfaatk­annya pada 18–25 Desember tanpa perlu mendaftar. ’’Rute bus ke Ngawi, Bojonegoro, Kediri, dan Madiun,’’ kata Vice President Corporate Communicat­ion PT Pelindo III Wilis Aji Wiranata.

 ??  ??
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? PERSIAPAN NATARU: Dirpolairu­d Polda Jatim Kombespol Arnapi memimpin patroli apel persiapan di Pelabuhan Tanjung Perak kemarin (9/12).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS PERSIAPAN NATARU: Dirpolairu­d Polda Jatim Kombespol Arnapi memimpin patroli apel persiapan di Pelabuhan Tanjung Perak kemarin (9/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia