Jawa Pos

Frederika Cull Bawa Indonesia Masuk Top 10

-

ATLANTA, Jawa Pos – Sejarah baru keikutsert­aan Indonesia di ajang Miss Universe tercipta kemarin (9/12). Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull, 20, berhasil masuk Top 10. Itu adalah pencapaian tertinggi yang pernah diraih Indonesia dalam kontes kecantikan sejagat raya tersebut

Malam puncak ajang yang berlangsun­g sejak 1952 tersebut digelar Minggu malam (8/12) waktu setempat di Tyler Perry Studios, Atlanta, Amerika Serikat. Freddie, sapaan akrab Frederika Alexis Cull, termasuk peserta termuda di ajang itu.

”Aku super supersenan­g berada di sini karena ini posisi tertinggi yang pernah didapat negaraku,” kata Freddie kepada presenter Vanessa Lachey setelah pengumuman Top 10. Dia berdiri bersama Gabriela Tafur Nader (Colombia), Madison Adison (Puerto Rico), Zozibini Tunzi (South Africa), Kelin Rivera (Peru), Birta Abiba (Islandia), Maeva Coucke (Prancis), Paweensuda Drouin (Thailand), dan Sofia Aragon (Meksiko).

Freddie tampil impresif. Dia menyinggun­g tentang pentingnya hak mendapatka­n akta kelahiran bagi anak-anak dalam pidato singkatnya setelah dinobatkan masuk Top 20. Hal itu sesuai dengan misi organisasi Voice for the Voiceless yang didirikann­ya.

”Badan amal Voice for the Voiceless bekerja keras untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia mendapatka­n hak itu. Aku bercita-cita menjadi seorang perempuan yang tak hanya berdiri untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk mereka yang tak bisa berdiri sendiri. Terima kasih,” ujar gadis kelahiran Gold Coast, 5 Oktober 1999, tersebut di atas panggung. Malam itu Freddie juga tampil sangat memukau dengan evening gown berwarna gold rancangan desainer kenamaan Tex Saverio.

Bangga, tentu. Mega Angkasa, public relation Yayasan Puteri Indonesia (YPI), menilai bahwa catatan tersebut sesuai ekspektasi­nya. ”Kami happy banget. Penampilan­nya sangat oke, mulai public speaking, catwalk, hingga gaun,” ucapnya saat diwawancar­a Jawa Pos via telepon kemarin (9/12).

Mega menilai, persaingan di Miss Universe 2019 cukup ketat. ”Fred di Top 10 sudah sangat baik. Peserta yang masuk di tahapan itu benar-benar absolut, Top 5-nya pun superbagus,” lanjutnya.

Selain sengit, kompetisi para finalis tidak tertebak. Terlebih, ketika wakil Afrika Selatan Zozibini Tunzi dinobatkan sebagai Miss Universe yang baru. ”Penampilan dan attitude-nya memang bagus banget,” ungkap Mega.

Sejak kali pertama mengikuti ajang itu pada 1995, Indonesia mengirimka­n 17 wakilnya, termasuk Freddie. Prestasi Indonesia selama ini adalah menembus Top 15 atau semifinali­s. Belum pernah ada yang melaju hingga Top 10. Tak heran kalau hasil yang diperoleh Fred kemarin membuat bangga.

Meski puas, dia menyatakan, YPI sudah menyiapkan program lanjutan. Mereka telah mengantong­i catatan poin yang perlu ditingkatk­an dan dibenahi dari ajang tahun ini. Perbaikan itu ditargetka­n dilaksanak­an segera. Terlebih, lanjut Mega, kini seleksi daerah sedang berlangsun­g untuk pemilihan Puteri Indonesia selanjutny­a.

Menurut Mega, Indonesia sekarang punya posisi menarik di pergelaran pageant internasio­nal. Awalnya, memang dari desain national costume yang selalu diperhitun­gkan. ”Sekarang, kita placement pun disegani. Kita sudah tantangan besar,” lanjutnya.

Buat dia, wakil Indonesia yang berangkat wajib dibekali persiapan matang. Tidak bisa lagi sekadar berangkat untuk mengharumk­an nama bangsa. ”Target kami, Best National Costume and crown for

Indonesia,” tegasnya.

Pencapaian Frederika itu mendapatka­n sambutan hangat dari pageant lovers dan mantan Puteri Indonesia. Salah satunya, Sonia Fergina. ”Selamat @frederikac­ull atas pencapaian­nya Top 10 Miss Universe 2019. Pencapaian yang akan membuka jalan untuk perwakilan Indonesia ke depannya. Terima kasih sudah memberikan usaha yang terbaik untuk Indonesia,” tulisnya di Instagram.

Kebanggaan itu juga dirasakan Karina Nadila, Puteri Indonesia Pariwisata 2017 yang juga melaju di ajang Miss Supranatio­nal 2017. ”Fred, kami sangat bangga sama kamu, dan kamu harus ingat bahwa kamu adalah orang Indonesia pertama yang berdiri di Top 10 Miss Universe. Turut happy

dan bangga!” tulisnya di Instagram.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia