Jawa Pos

Hapus Stereotipe Cantik

Miss Afrika Selatan Menangi Miss Universe 2019

-

ATLANTA, Jawa Pos –”Dear brown skinned

girls, your dreams are valid.” Kalimat penutup yang diucapkan Zozibini Tunzi, 26, itu mengukuhka­n keme_nangannya sebagai Miss Universe 2019 kemarin pagi WIB. Dalam acara yang berlangsun­g di Tyler Perry Studios, Atlanta tersebut, wakil Afrika Selatan itu dianugerah­i mahkota baru bernama Power of Unity Crown.

Sebelum dinyatakan sebagai ratu sejagat, Zozibini Tunzi menyampaik­an cita-citanya. Sederhana dan mengena. Dia ingin perempuan tidak lagi berpatokan pada stereotipe tertentu tentang cantik. Buatnya, cantik hadir dalam beragam definisi. Termasuk kulit gelap dan rambut keriting alami. Dia sering menemui perempuan dengan deskripsi tersebut dinilai tidak cantik.

”Kurasa, saatnya menghentik­an hal itu sekarang. Aku ingin anak-anak memandang dan melihat wajahku serta melihat bahwa wajah mereka tecermin padaku,” ujar pemilik tinggi 178 cm itu pada sambutan terakhir sebelum pengumuman final.

Keinginan itu terkabul. Tunzi menjadi perempuan berkulit hitam keempat yang memenangi gelar Miss Universe sepanjang 59 tahun pelaksanaa­n kontes kecantikan tersebut. Yang terakhir, ada perwakilan Angola Leila Lopes sebagai Miss Universe 2011. Selain itu, Tunzi jadi perwakilan Afrika Selatan yang sukses memenangka­n mahkota setelah Margaret Gardiner (1978) dan Demi-Leigh Nel-Peters (2017).

Alumnus Cape Peninsula University of Technology itu masuk slot favorit setelah melalui kontes swimming suit dan evening

gown dengan menawan. Kunci kemenangan Tunzi terletak pada kecermatan­nya dalam menjawab pertanyaan tentang pelajaran yang perlu ditanamkan kepada perempuan muda. Perempuan yang mengaku gemar membaca itu menegaskan, kepemimpin­an adalah keharusan.

”Menurutku, kita (para perempuan, Red) adalah makhluk paling kuat di dunia dan kita berhak mendapatka­n setiap kesempatan. Hal itulah yang penting diajarkan kepada para perempuan muda. Untuk mendapat tempat. Tidak ada yang lebih penting ketimbang mengambil tempat di masyarakat dan mengukuhka­n posisimu,” tegasnya.

Kemenangan Tunzi dirayakan penyelengg­ara Miss South Africa (SA). ”Hati kami melambung karena bangga banget. Kau mewakili Afrika Selatan dengan elegan, kehormatan, dan otentik,” cuitnya.

Oprah Winfrey, host perempuan berkulit hitam, menyambut hangat kemenangan itu. ”Kepemimpin­an adalah hal paling berpengaru­h yang harus kita ajarkan ke para perempuan muda sekarang,” cuitnya. Winfrey bahkan mengundang Tunzi jadi pembicara di akademi pimpinanny­a, Oprah Winfrey Leadership Academy for Girls (OWLAG).

Pada cuitan pertamanya pasca penobatan, Tunzi menyatakan perasaan senangnya. ”Semoga setiap gadis kecil yang menyaksika­n momen ini selamanya percaya kekuatan mimpi mereka. Semoga mereka melihat wajah mereka terwakili olehku. Saya Miss Universe 2019,” tulisnya.

 ?? PATRICK PRATHER/MISS UNIVERSE ORGANIZATI­ON ?? Frederika Alexis Cull
PATRICK PRATHER/MISS UNIVERSE ORGANIZATI­ON Frederika Alexis Cull
 ?? ALEX MERTZ/MISS UNIVERSE ORGANIZATI­ON ??
ALEX MERTZ/MISS UNIVERSE ORGANIZATI­ON
 ?? INSTAGRAM OFFICIAL PUTRI INDONESIA ?? MAHKOTA BARU, TUGAS BARU:
Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi melakukan first walk setelah dinobatkan sebagai pemenang. Foto atas, Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull diwawancar­ai Steve Harvey.
INSTAGRAM OFFICIAL PUTRI INDONESIA MAHKOTA BARU, TUGAS BARU: Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi melakukan first walk setelah dinobatkan sebagai pemenang. Foto atas, Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull diwawancar­ai Steve Harvey.
 ?? PATRICK PRATHER ?? Gazini Ganados
PATRICK PRATHER Gazini Ganados
 ?? PATRICK PRATHER ?? Shweta Sekhon
PATRICK PRATHER Shweta Sekhon

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia