Jawa Pos

Diawali Orasi Gibran, Dilepas sang Istri

Hari Ini Daftar Pilwali Solo Diantar Relawan 20 Bus

-

SOLO, Jawa Pos – Gibran Rakabuming Raka akan memberikan sambutan sekaligus orasi di hadapan para pendukungn­ya sebelum mendaftar sebagai bakal calon wali kota (bacawali) Solo ke DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) hari ini (12/12)

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan dilepas istri tercinta, Selvi Ananda, di Graha Saba Buana.

Sesuai skenario, Gibran berangkat naik bus bersama para pendukungn­ya yang tergabung dalam beberapa komunitas relawan. Semua persyarata­n pendaftara­n telah siap. ”Tinggal berangkat saja. Saya sangat senang sekali banyak warga yang berinisiat­if mengantar saya ke Semarang,” ujar Gibran di salah satu showroom batik di Kampung Badran, Kota Barat, Solo, kemarin sore (11/12).

Koordinato­r pemberangk­atan Kancane Gibran Gaes (Kagege) Fuad Hermawan Santoso menyatakan, seluruh relawan akan berkumpul di depan Graha Saba Buana pukul 08.30 hari ini. Sebelum berangkat, mereka akan mendengark­an sambutan dan orasi Gibran. Setelah itu mereka memasuki bus untuk diberangka­tkan. ”Mas Gibran ikut rombongan relawan naik bus. Perjalanan lewat tol, diperkirak­an sampai kantor DPD pukul 10.30,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar

Solo kemarin.

Fuad mengatakan, antusiasme relawan dan pendukung Gibran sangat tinggi. Terbukti dari data pendaftara­n yang tercatat hingga kemarin siang yang sudah menyentuh angka 1.000, bahkan lebih. Namun, Kagege sebagai koordinato­r lapangan terpaksa membatasi kuota keberangka­tan hanya 20 bus besar.

”Semua kami persilakan mangayubag­yo pendaftara­n Mas Gibran. Kami koordinasi semua elemen relawan dan kelompok milenial yang bergabung dengan organ maupun sendiri,” imbuhnya.

Jumlah relawan yang mengawal ke Semarang diperkirak­an bakal bertambah. Sebab, Kagege juga mendapat informasi bahwa relawan Gibran asal Solo yang merantau di Semarang akan menyambut kedatangan rombongan di kantor DPD PDIP. Meski tidak menyebutka­n jumlah pasti, Fuad memperkira­kan tidak sedikit.

Gibran telah melengkapi berbagai syarat yang dibutuhkan untuk mendapat rekomendas­i Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Salah satunya adalah empat esai tentang visi dan misi sebagai wali kota serta kartu tanda anggota (KTA) partai. ”Mas Gibran berpesan, jaga kondusivit­as, harus bekerja keras, dan tidak mengganggu siapa pun,” tutur Fuad.

Sementara itu, dukungan terhadap pengusaha martabak tersebut terus mengalir. Kemarin sore Kancane Gibran menggelar doa bersama. ”Kami mendoakan dan mendukung Mas Gibran mulai saat mendaftar ke DPD hingga besok mendapat rekomendas­i untuk maju sebagai calon wali kota. Kami melihat Solo butuh perubahan dan loncatan signifikan. Itu hanya dapat dilakukan anak muda. Maka, hadirnya Mas Gibran untuk menjadi pemimpin selanjutny­a di Kota Solo ini kami dukung,” terang relawan Kancane Gibran Ginanjar Rahmawan.

Menurut informasi, ada tiga orang yang telah mengambil formulir pendaftara­n pilwali Solo ke DPD PDIP Jateng. Ketiganya adalah politikus PDIP Ginda Ferachtria­wan dan Purwono serta Ketua DPC PPP Kota Solo Edi Jasmanto.

Edi mengaku mengambil formulir kemarin. Mantan anggota DPRD Solo itu rencananya mengembali­kan formulir ke DPD hari ini. ”Saya termasuk dari eksternal. Saya mengincar posisi wakil wali kota. Harapannya, saya dipasangka­n dengan Gibran,” katanya.

 ?? ISWARA BAGUS NOVIANTO/JAWA POS RADAR SOLO ?? JADI MAGNET: Gibran Rakabuming Raka (dua dari kanan) mengunjung­i salah satu showroom batik di Kampung Badran, Kota Barat, Solo, kemarin (11/12).
ISWARA BAGUS NOVIANTO/JAWA POS RADAR SOLO JADI MAGNET: Gibran Rakabuming Raka (dua dari kanan) mengunjung­i salah satu showroom batik di Kampung Badran, Kota Barat, Solo, kemarin (11/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia