Jawa Pos

Akhir Tahun, Optimalkan Penjualan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Daihatsu optimistis bisa meraih pangsa pasar 17 persen sesuai dengan target tahun ini. Sabtu nanti (14/12) PT Astra Internatio­nal Tbk-Daihatsu mengadakan Daihatsu Day serentak di 246 gerai di seluruh Indonesia. Itu bakal menjadi momentum untuk menggenjot penjualan seoptimal-optimalnya.

Marketing and CR Division Head PT Astra Internatio­nal Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menyatakan bahwa Desember merupakan bulan penjualan. Artinya, angka penjualan pada bulan ke-12 tersebut selalu yang tertinggi tiap tahun. ’’Tiap Desember, customer menunggu penawaran menarik dari masingmasi­ng brand. Itu yang akan kami manfaatkan,’’ tuturnya kemarin (11/12).

Pada Daihatsu Day, konsumen akan mendapatka­n tawaran paket pembelian istimewa. Di antaranya, paket uang muka murah, cicilan rendah, dan tenor hingga tujuh tahun. Menurut Hendrayadi, 75 persen konsumenny­a menggunaka­n fasilitas kredit. Sebanyak 25 persen sisanya tunai. ’’Segmen konsumen kreditlah yang kami bidik,’’ ujarnya.

Data Gaikindo mencatat total penjualan ritel otomotif nasional sepanjang Januari– Oktober 2019 mencapai 847.164 unit. Dari angka tersebut, Daihatsu mampu mencetak penjualan 143.217 unit dengan market share 16,9 persen. Kontributo­r terbesarny­a adalah

Sigra dengan komposisi 29 persen. Terios dan Ayla masing-masing berkontrib­usi 12 dan 13 persen.

Sementara itu, Kepala Wilayah Jawa Timur dan Bali PT AI-DSO Tunjung Pramusinto menyatakan, khusus Jatim, pihaknya akan mendorong penjualan Terios. Sebab, Sigra yang menjadi kontributo­r terbesar pasar Jatim pasokannya minim.

’’Dengan program Daihatsu Day, kami optimistis bisa meningkatk­an market share di Jatim dan Bali,’’ tegas Tunjung. Sampai sekarang, penguasaan pasar Daihatsu di Jatim 18,7 persen. Tunjung menargetka­n sampai akhir tahun mampu meningkat market share menjadi 19,5 persen.

 ?? CHARINA MARIETASAR­I/JAWA POS ?? ALL-OUT: Tim marketing Daihatsu berbincang di depan salah satu unit yang penjualann­ya digenjot bulan ini.
CHARINA MARIETASAR­I/JAWA POS ALL-OUT: Tim marketing Daihatsu berbincang di depan salah satu unit yang penjualann­ya digenjot bulan ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia