Jawa Pos

Optimistis karena Kurs Rupiah Stabil

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) alias USD berpengaru­h besar terhadap kinerja impor. Jika kurs stabil, Gabungan Importer Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Jawa Timur (Jatim) optimistis bisnisnya akan cerah pada 2020.

-

’’KUOTA impor biasanya habis pada Desember. Tahun depan importer produsen akan memperpanj­angnya,’’ kata Ketua GINSI Jatim Romzy Abdullah Abdat pekan lalu. Selama ini, 70 persen bahan baku impor dipakai untuk keperluan ekspor. Karena itu, kurs rupiah punya peran penting dalam transaksi para importer.

Romzy optimistis bisnis tumbuh lebih baik tahun depan. Apalagi jika kabinetnya mumpuni. ’’Saya melihat dari mana? Dari tiga menteri. Yakni, menteri perdaganga­n, menteri keuangan, dan menteri perindustr­ian. Jadi, tinggal melihat mereka siapa dan bagaimana,’’ paparnya.

Saat ini para importer mulai mengalkula­si bisnis tahun depan. Menurut Romzy, kalkulasi tahun depan lebih mudah jika dibandingk­an dengan tahun ini karena ada banyak pengusaha yang memilih wait and see. ’’Pada 2019, kendala kami adalah pesta demokrasi yang lama. Sekarang mulai normal kembali,’’ tuturnya.

GINSI berharap pemerintah bisa menciptaka­n iklim bisnis yang kondusif. Dengan demikian, investasi baru terus bertambah. Investasi, menurut Romzy, akan menjadi pendongkra­k kinerja impor Jatim. Khususnya pada naiknya kebutuhan bahan baku. ’’Kami harapkan investasi yang masuk ke Jatim makin besar,’’ urainya.

Yang penting untuk menggenjot investasi adalah kemudahan regulasi. Misalnya, pemangkasa­n birokrasi pengurusan dokumen. ’’Saat ini seluruh perizinan bisa diakses melalui OSS (online single submission). Jadi, itu harus dimaksimal­kan,’’ ucap Romzy.

Terkait impor, para importer terus melakukan survei pasar dan berupaya menstabilk­an harga. Selain itu, GINSI menjajaki kerja sama dengan negaranega­ra baru di Afrika. Terutama menjajaki potensi impor kebutuhan makanan ternak, seperti kedelai dan jagung. ’’Tidak sekadar mencari komoditas, tapi juga kualitas,’’ tandasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia