Jawa Pos

Kanker Otak, Vokalis Roxette Meninggal

-

Apa yang kamu rasakan kalau ketemu mantan pacar bersama pasangan barunya? Ini mungkin scene yang bisa mendeskrip­sikan jawaban pertanyaan tersebut. Milea yang didampingi Herdi datang di acara reuni sekolah. Dilan begitu melihat Milea menghampir­inya dan mengajakny­a berkenalan lagi. ’’Takut lupa,’’ jawabnya singkat tapi bikin senyum.

Fajar mengungkap­kan bahwa sudut pandang Dilan di Milea akan memberikan gambaran utuh bagaimana kisah cinta Dilan dan Milea berjalan. Lengkap dengan segala pahit dan manis yang lebih lengkap dari film sebelumnya. ’’Kalau tahu sudut pandang Dilan, bakal lebih ikhlas kok lihat Dilan dan Milea pisah,’’ selorohnya.

STOCKHOLM, Jawa Pos – Penggemar musik di era 1980 dan 1990-an berduka. Marie Fredriksso­n, personel duo Roxette, meninggal di usia 61 tahun pada Selasa (10/12) waktu setempat. Berita tersebut dikonfirma­si langsung oleh pihak keluarga. ’’Dengan penuh kesedihan, kami mengabarka­n salah seorang seniman terbesar dan paling dicintai berpulang,’’ ungkap perwakilan keluarga Fredriksso­n sebagaiman­a dikutip Expressen, media setempat.

Dalam pernyataan itu, mereka menyatakan bahwa putri kesayangan­nya meninggal karena kanker otak. Penyakit tersebut mulai diderita Fredriksso­n pada September 2002.

Perasaan kehilangan dirasakan Per Gessle, sahabat dan rekan duet Fredriksso­n di Roxette. Keduanya bertemu kali pertama pada akhir 1970-an. Lalu, membentuk duo pada 1986. Gessle menceritak­an, dirinya belum lama bertemu di apartemenn­ya di Halmstad. Bagi dia, musisi yang lahir pada 30 Mei 1958 itu adalah sosok seniman dan penampil yang menakjubka­n. Sekaligus sahabat yang luar biasa di sepanjang 40 tahun pertemanan mereka.

’’Terima kasih sudah memberi warna paling indah di lagu-laguku yang hitam dan putih.

Things will never be the same,’’ tulis Gessle dalam suratnya.

Roxette merupakan salah satu ikon musik Swedia yang sukses mendunia, selain ABBA dan Ace of Base. Nama mereka melejit setelah hitnya yang berjudul It Must Have Been Love jadi soundtrack film romantis komedi Pretty Girl. Namun, pada September 2002, aktivitas Roxette terpaksa berhenti. Sang vokalis terjatuh di kamar mandi. Tulang tengkorakn­ya retak.

Setelah MRI, Fredriksso­n dinyatakan mengalami kanker otak. Dia baru kembali manggung pada 2009. Gessle menyatakan, pada come back perdananya, Fredriksso­n amat minder. ’’Tapi, dia nekat. Penonton menggila, menangis di sana-sini. Setelah itu, dia seakan jadi orang baru,’’ ucap Gessle dalam wawancara dengan

Guardian pada 2012.

Di tengah sakitnya, Fredriksso­n juga aktif merilis proyek solo. Termasuk Sing Me a Song, single terakhir yang dirilis pada 2018. Ketika ulang tahunnya yang ke-60.

 ?? AFTONBLADE­T ?? TAHUN LALU: Marie Fredriksso­n sewaktu merilis single terakhir Sing Me a Song pada 2018. Dia meninggal setelah menderita kanker otak selama 17 tahun.
AFTONBLADE­T TAHUN LALU: Marie Fredriksso­n sewaktu merilis single terakhir Sing Me a Song pada 2018. Dia meninggal setelah menderita kanker otak selama 17 tahun.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia