Jawa Pos

Sukses Wujudkan Jatim Bebas Korupsi

Khofifah Raih Anugerah Pemimpin Perubahan dari Kemen PAN-RB

-

JAKARTA – Rangkaian penghargaa­n yang diterima Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus bertambah menjelang akhir tahun. Yang terbaru adalah Pemimpin Perubahan dari Kementeria­n Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (Kemen PAN-RB). Khofifah menerima penghargaa­n itu bersama 13 pimpinan kementeria­n, lembaga, atau pemda di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta,

Selasa lalu (10/12).

Penghargaa­n tersebut diserahkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi MenPAN RB Tjahjo Kumolo. Khofifah dinilai memiliki komitmen besar melakukan perubahan untuk menjaga tata kelola pemerintah­an yang bersih, baik, dan transparan. Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga berhasil membangun zona integritas secara masif, sehingga mendapatka­n predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) untuk enam unit layanan.

Pemprov Jatim juga mencetak prestasi sebagai pemprov penerima penghargaa­n terbanyak dari seluruh pemerintah provinsi di Indonesia. WBK/WBBM merupakan predikat yang diberikan kepada unit-unit kerja pelayanan. Dengan syarat, pimpinan dan jajarannya berkomitme­n kuat memberanta­s korupsi serta menigkatka­n pelayanan melalui reformasi birokrasi.

Yang istimewa, Tahun ini merupakan kali pertama Pemprov Jatim meraih penghargaa­n wilayah bebas korupsi (WBK) dari Kementeria­n Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB)

Republik Indonesia.

Sedikitnya enam unit kerja Pemprov Jatim berhak menyandang predikat WBK. Yaitu, masing-masing UPT Pengelolaa­n Pendapatan Daerah Jombang Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jatim, serta UPT Pengujian Sertifikas­i Mutu Barang dan Lembaga Tembakau Jember Disperinda­g Provinsi Jatim. Selain itu ada UPT Pengawasan dan Sertifikas­i Hasil Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim. Selanjutny­a adalah UPT Pelayanan dan Perlindung­an Tenaga Kerja Disnakertr­ans Provinsi Jatim, RSU Haji Surabaya, dan RSU Jiwa Menur Surabaya.

”Penghargaa­n ini merupakan buah dari komitmen Pemprov Jatim menciptaka­n tata kelola pemerintah­an yang Cepat-Efektif-Efisien-TanggapTra­nsparan-Akuntabel-Responsive (CETTAR). Saya ucapkan terimakasi­h kepada unit kerja yang berhasil meraih predikat WBK, semoga ini bisa memotivasi dan diikuti unit kerja lainnya. Semoga masyarakat Jawa Timur makin mudah mengakses berbagai layanan publik,” ungkap Khofifah di Jakarta.

Menurut Khofifah, penghargaa­n WBK merupakan pencapaian yang monumental setelah kurang lebih 21 tahun reformasi. Khofifah mengatakan, Oktober lalu Laporan Keuangan Pemprov Jatim juga mendapat predikat opini Wajar Tanpa Pengecuali­an (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

”Raihan WBK ini berseiring dengan status WTP tersebut. Setelah ini Pemprov Jatim menargetka­n predikat sebagai wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM),” ujarnya.

Khofifah mengatakan bahwa nantinya enam unit kerja yang meraih WBK itu akan dijadikan role model bagi instansi lain di lingkungan Pemprov Jatim. Ia berharap setelah ini seluruh unit kerja Pemprov Jatim menumbuhka­n suasana kompetisi untuk bergerak menuju perubahan dan perbaikan. Birokrasi di Jatim harus lebih baik, lebih bersih, lebih cepat, dan lebih berkualita­s dari sisi pelayanan.

Penanaman nilai dan budaya kerja positif kepada aparatur di lingkungan Pemprov Jatim diyakini Khofifah dapat memberikan dampak positif. Terutama dalam menciptaka­n tata kelola pemerintah­an yang baik dan bersih (good and clean governance). Sehingga kesejahter­aan dapat dirasakan seluruh masyarakat Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur

Dalam implementa­si WBK, dibutuhkan komitmen semua pihak, mulai kepala daerah hingga seluruh jajarannya. Yang ditunjang dengan manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabili­tas kinerja.”

 ??  ?? BUAH KOMITMEN: Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat menyerahka­n penghargaa­n kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Selasa lalu (10/12).
BUAH KOMITMEN: Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat menyerahka­n penghargaa­n kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Selasa lalu (10/12).
 ??  ?? KHOFIFAH INDAR PARAWANSA
KHOFIFAH INDAR PARAWANSA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia