Jawa Pos

Tol Layang Jakarta–Cikampek Beroperasi Hari Ini

-

JAKARTA, Jawa Pos – Tol layang Jakarta–Cikampek (Japek) resmi beroperasi mulai hari ini (12/12). Presiden Joko Widodo dijadwalka­n meresmikan langsung megaproyek tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon­o telah memastikan bahwa tol layang sepanjang 36,4 km tersebut siap melayani arus kendaraan dari dan menuju Jakarta. Peran pertama tol layang Japek adalah meringanka­n beban tol Jakarta–Cikampek pada periode libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Saat ini pekerjaan yang tersisa, kata Basuki, tinggal menghalusk­an bagian sambungan jembatan dan melengkapi rambu/markah jalan. ”Ada 26 expansion joint (sambungan jembatan, Red) yang akan dihaluskan, finishing-nya untuk menambah kenyamanan. Tadi kita sudah coba 80 km/jam masih cukup nyaman, itu kecepatan maksimum di tol ini,” kata Basuki Selasa malam (10/12).

Dia menjelaska­n, setelah diresmikan presiden, tol tersebut akan dibuka untuk umum 2–3 hari kemudian. Tujuannya, memastikan kebersihan dan kelengkapa­n rambu jalan. ”Diusahakan lebih cepat lebih baik, tapi sebelum tanggal 20 Desember 2019 dipastikan sudah bisa dipakai untuk umum, tanpa tarif hingga libur Tahun Baru 2020,” urainya.

Menurut Basuki, tol layang Japek dibangun dengan banyak tantangan. Sebab, tol tersebut merupakan tol layang terpanjang di Indonesia. Beban traffic jalur

Jakarta–Cikampek cukup tinggi, yakni 200 ribu kendaraan per hari. Karena itu, pengerjaan jalan tol membutuhka­n kehatihati­an tinggi.

Selain itu, waktu pengerjaan hanya dari pukul 10 malam hingga 5 pagi. Pada Sabtu-Minggu dan hari raya libur. ”Ditambah lagi ada dua proyek lain secara bersamaan, yakni kereta cepat dan LRT, sehingga membutuhka­n banyak koordinasi, hampir setiap minggu rapat,” tuturnya. bottle cooler,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia