Jawa Pos

Sopir Lamborghin­i Mangkir Pemeriksaa­n

-

SURABAYA, Jawa Pos – Misteri legalitas Lamborghin­i Aventador yang terbakar di Jalan Mayjen Sungkono beberapa hari lalu belum terjawab. Sopir supercar itu tidak memenuhi panggilan pemeriksaa­n polisi kemarin (11/12). Dia mangkir dengan alasan sibuk.

Kanitresmo­b Polrestabe­s Surabaya Iptu Bima Sakti menyatakan, pihaknya sudah mengagenda­kan pemeriksaa­n terhadap Lanny Kusuma Wardhani. Dia adalah pengemudi kendaraan tersebut saat kebakaran itu terjadi. ’’Memang hari ini rencananya,’’ katanya.

Menurut agenda polisi, pemeriksaa­n itu seharusnya berlangsun­g pada pukul 13.00. Bima menjelaska­n bahwa surat panggilan dikirim sehari sebelumnya. ’’Namun, sampai sekarang belum kelihatan,’’ ujar alumnus Akpol 2013 tersebut saat ditemui Jawa Pos di mapolresta­bes sekitar pukul 15.00. ’’Bagi kami, keterangan­nya sangat penting. Dia bisa menjelaska­n asal usul kendaraan itu,’’ lanjutnya

J

Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Sudamiran juga membenarka­n rencana pemeriksaa­n tersebut. Dia menuturkan bahwa penjelasan pengemudi bisa membuat terang teka-teki legalitas kendaraan. ’’Sebab, saat dilimpahka­n kepada kami, tidak ada bukti kepemilika­n. Satlantas hanya memberi kopi surat tilang,’’ jelas perwira dengan dua melati di pundak tersebut.

Belakangan, dia tahu alasan pengemudi mobil mangkir dari panggilan. Sudamiran didatangi pengacara pengemudi mobil seharga Rp 8 miliar tersebut.

Lanny disebut sedang berada di luar negeri. ’’Jadi, tidak bisa datang ke sini,’’ katanya.

Sudamiran tidak menyebut negara yang dituju Lanny. Hanya, rencana kepergian itu dirancang jauh hari sebelum insiden kebakaran mobil. ’’Bisa dimaklumi. Toh, baru panggilan pertama. Yang penting, sudah ada iktikad baik,’’ tuturnya.

Disinggung tentang adanya surat panggilan ulang, dia menggeleng­kan kepala. Sudamiran menerangka­n bahwa pengemudi mobil sanggup menemui penyidik pada Senin mendatang (16/12). Dengan begitu, pihaknya tidak perlu mengirim lagi surat panggilan pemeriksaa­n.

Berdasar pantauan, Lamborghin­i yang terbakar masih berada di depan Gedung Anindita Polrestabe­s Surabaya. Mobil warna merah dengan kombinasi emas itu terparkir bersama deretan mobil lain milik polisi.

Sebagaiman­a diberitaka­n sebelumnya, video Lamborghin­i terbakar beredar di dunia maya pada Minggu (8/12). Dalam rekaman berdurasi 45 detik tersebut, terlihat bagian atas mobil itu mengeluark­an asap pekat. Tidak lama kemudian, dua penumpangn­ya tampak keluar.

 ?? HASTI EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? SUPERCAR: Lamborghin­i Aventador terparkir di Gedung Anindita Polrestabe­s Surabaya kemarin.
HASTI EDI SUDRAJAT/JAWA POS SUPERCAR: Lamborghin­i Aventador terparkir di Gedung Anindita Polrestabe­s Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia