Jawa Pos

Sistem Buka Tutup Jalan Osowilangu­n Berakhir

-

SURABAYA, Jawa Pos – Progres pemasangan girder flyover Teluk Lamong di area Jalan Osowilangu­n tuntas. Para pekerja rampung mengerjaka­n unit girder terakhir pada Selasa malam (10/12). Nanti dilanjutka­n pengerjaan alas badan jalan.

Waktu pemasangan girder itu sejatinya lebih cepat dari perkiraan. Awalnya, direncanak­an satu girder dikerjakan dalam waktu semalam. Di lapangan, pekerja mampu memasang dua unit girder.

Kondisi itu berimbas pada pemberlaku­an rekayasa lalu lintas sistem buka tutup di kawasan Jalan Osowilangu­n. Tadinya sistem tersebut ditetapkan berlaku selama delapan hari. Mulai 7 hingga 14 Desember 2019 saat malam. ”Karena sudah tuntas, jalan buka tutup juga berakhir,” kata Lurah Osowilangu­n Agus Edi Purnomo.

Dia mengatakan, sejak Selasa malam (10/12) girder ke-7 dan ke-8 dari total 8 girder telah dipasang. Saat pemasangan girder, polisi menutup jalan agar tidak membahayak­an pengendara yang melintas.

Pengerjaan satu girder paling tidak membutuhka­n waktu sekitar dua jam. Tiap satu pengerjaan rampung, jalan mulai dibuka. Namun, saat akan ada pemasangan kedua, jalan tersebut kembali ditutup untuk sementara.

Agus mengatakan, girder tersebut sengaja dipasang malam agar tidak terjadi kepadatan saat ditutup. Dia menilai pengerjaan itu berjalan lancar. Saat ini pengguna jalan bisa melewati kawasan tersebut secara normal. ”Sudah tidak ada sistem buka tutup lagi. Sudah selesai juga,” ujarnya. Crane pun digeser ke selatan. Namun, lanjut dia, ke depan masih ada pemasangan girder lagi. Dia menyatakan tinggal mengerjaka­n alas jalan. Namun, pihaknya tidak mengetahui lebih detail soal rencana tersebut.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? JALAN UMUM: Pemasangan girder flyover Teluk Lamong tuntas. Jalan pun difungsika­n seperti semula.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS JALAN UMUM: Pemasangan girder flyover Teluk Lamong tuntas. Jalan pun difungsika­n seperti semula.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia