Jawa Pos

Usia Minimal Calon Tetap Berlaku

-

MAHKAMAH Konstitusi kemarin (11/12) tidak hanya memutus soal pencalonan eks terpidana. Hakim juga memutus konstitusi­onalitas syarat usia minimal calon kepala daerah yang diajukan sejumlah anak muda di Partai Solidarita­s Indonesia. MK menyatakan, usia minimal calon kepala daerah yang diatur UU Pilkada sudah konstitusi­onal.

’’Amar putusan, mengadili, menolak permohonan para pemohon,’’ ucap Ketua MK Anwar Usman dalam putusannya. Itu berarti batas usia minimal calon kepala daerah tidak berubah. Yakni, 30 tahun untuk calon gubernur dan wakil gubernur. Kemudian, usia 25 tahun untuk calon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota.

Dalam pertimbang­annya, hakim konstitusi I Dewa Gede Palguna menjelaska­n, tidak terdapat persoalan konstitusi­onal dalam hal batas usia minimal. ’’Sebab, menurut mahkamah, hal itu sepenuhnya merupakan kewenangan pembentuk undang-undang,’’ ujarnya.

Bahkan, kalaupun diatur dalam regulasi yang lebih rendah dari UU, juga tidak bertentang­an dengan konstitusi. Persamaan hak tidak berarti meniadakan syarat atau batasan yang secara rasional memang diperlukan.

Menanggapi hal itu, pemohon Tsamara Amany tampak kecewa meski mengaku tetap menghormat­i putusan MK. ’’Kami menganggap ini adalah kekalahan untuk anakanak muda Indonesia,’’ terangnya.

Meski MK menyatakan bahwa ketentuan itu adalah open legal policy, pihak pemohon menyatakan belum bisa mendapat rasionalis­asi mengapa usia tertentu dianggap lebih layak.

Dia membanding­kannya dengan batas usia calon anggota legislatif. Dengan beban yang, menurut dia, tidak kalah besar, batas usia minimalnya adalah 21 tahun atau usia dewasa. Sementara itu, tidak demikian untuk politikus berpengala­man yang hendak menjadi kepala daerah seperti Faldo Maldini. Faldo berusia 29 tahun dan sangat mungkin dengan adanya putusan tersebut Faldo tidak bisa maju dalam pilgub Sumatera Barat,’’ tambah ketua DPP PSI itu.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? DITOLAK: Politikus PSI Tsamara Amany (dua dari kanan) bersama para pemohon uji materi syarat usia minimal calon kepala daerah menghadiri sidang pembacaan putusan di Mahkamah Konstitusi kemarin.
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS DITOLAK: Politikus PSI Tsamara Amany (dua dari kanan) bersama para pemohon uji materi syarat usia minimal calon kepala daerah menghadiri sidang pembacaan putusan di Mahkamah Konstitusi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia