Jawa Pos

Ratusan Polisi Serbu Dua Penembak

-

JERSEY CITY, Jawa Pos – ”Dia adalah pria yang luar biasa baik.” Pernyataan singkat itu diberikan seorang pria yang menaruh bunga di depan rumah detektif Joseph Seals. Bapak lima anak tersebut menjadi salah seorang korban tewas pertama penembakan di Jersey City, New Jersey, Amerika Serikat, Selasa (10/12).

Total enam orang kehilangan nyawa. Dua di antaranya adalah para pelaku.

NBC New York melansir, seorang petugas kepolisian senior mengungkap­kan bahwa Seals melihat van jasa pengiriman U-Haul yang disinyalir berhubunga­n dengan pembunuhan seorang sopir akhir pekan lalu di Bayonne. Polisi 39 tahun itu lantas mendekati mobil tersebut. Tidak disangka salah seorang tersangka langsung keluar dari mobil dan menembakny­a. Insiden itu terjadi sekitar pukul 12.30.

Dua pelaku langsung menuju JC Kosher Supermarke­t yang tak jauh dari lokasi penembakan pertama. Mereka membarikad­e diri di dalam supermarke­t halal (kosher) Yahudi yang terletak di Jalan Martin Luther King Drive tersebut. Mereka menembak mati tiga orang di dalam supermarke­t itu. Salah satunya adalah Leah Mindel Ferencz yang merupakan

istri pemilik supermarke­t.

”Tersangka bergerak cepat dan tanpa henti selama empat jam,” ujar Kepala Polisi Jersey Michael Kelly seperti dikutip

Agence France-Presse.

Polisi yang berada di lokasi kejadian dihujani tembakan. Ratusan polisi dari New Jersey dan New York dikerahkan. Itu belum termasuk petugas taktis yang dipersenja­tai senapan serbu. Beberapa media menyebut ratusan peluru ditembakka­n selama baku tembak.

”Saya bisa mendengar baku tembak. Itu rasanya seperti bunyi petasan,” ujar Andi Patel, pegawai di toko minuman keras di dekat lokasi.

Selain korban tewas, baku tembak itu mengakibat­kan dua polisi dan satu warga sipil lukaluka. Area di sekitar lokasi penembakan langsung disterilka­n. Semua toko dan sekolah di dekat lokasi ditutup. Polisi baru bisa masuk ke supermarke­t dan menembak mati dua pelaku.

Tim penjinak bom dikerahkan untuk memeriksa kendaraan U-Haul yang dibawa pelaku. Polisi meyakini bahwa di dalamnya ada alat-alat untuk membuat bom. Belum diketahui apa yang direncanak­an para pelaku sehingga membawa banyak senjata. Motif serangan itu pun masih diselidiki.

Kelly memaparkan bahwa dalam penyelidik­an awal belum ada indikasi tindak terorisme. Tempat kejadian perkara yang harus diselidiki polisi cukup luas. ”Setidaknya ada tiga lokasi,” terang Kelly. Dia tidak mengungkap­kan lokasi lainnya selain pemakaman dan supermarke­t.

Presiden AS Donald Trump melalui akun Twitter-nya menyatakan belasungka­wa untuk para korban tewas. ”Kami akan terus memonitor situasi,” cuitnya. Penembakan di AS menjadi hal yang lumrah. Insiden serupa beberapa kali terjadi di gereja, sekolah, hingga bioskop. Sepanjang 2017 ada sekitar 40 ribu kematian yang berkaitan dengan senjata api.

 ?? SETH WENIG/AP ?? PORAK-PORANDA: Polisi dan regu penyelamat menginspek­si lokasi penembakan di Jersey City, New Jersey, kemarin. Enam orang tewas dalam insiden tersebut.
SETH WENIG/AP PORAK-PORANDA: Polisi dan regu penyelamat menginspek­si lokasi penembakan di Jersey City, New Jersey, kemarin. Enam orang tewas dalam insiden tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia