Jawa Pos

Kebut Pengerjaan Jembatan Kandangan

Balok Fondasi Utama Rampung

- SURABAYA, (his/c16/tia)

Jawa Pos – Proyek multiyear box culvert Tandes-Sememi terus dikebut proyek pelaksana agar cepat rampung pertengaha­n tahun depan. Pengerjaan dilakukan di sisi timur yang sudah melewati Jalan Kyai Amir Manukan Kulon dan sisi barat yang sudah mendekati Jembatan Kandangan.

Nah, pengerjaan jembatan itu juga dikebut. Progres pengerjaan jembatan double track itu kemarin berada dalam proses finishing dua fondasi utama jembatan. Fondasi yang di sisi barat sudah ditanami beberapa box culvert. Sementara itu, di sisi timur sudah dipasangi balok.

’’Untuk boksnya belum. Dalam waktu dekat, setelah balok selesai, baru kami dipasang,’’ kata Riski Sugianto, pelaksana proyek sisi barat PT Media Cipta Perkasa. Dia menambahka­n, pengerjaan jembatan tersebut memang membutuhka­n waktu yang tidak sebentar. Panjang jembatan baru tersebut 25 meter dengan lebar sekitar 14,5 meter. Jembatan itu memang menjadi satu paket dengan proyek box culvert yang tahap pengerjaan tahun ini sudah 60 persen dari total pengerjaan di sisi barat.

Sementara itu, untuk jembatan, Riski belum bisa memberikan kepastian kapan bisa rampung. Namun, ujar dia, pengerjaan utama yang jembatan bisa dikatakan hampir rampung. Sebab, setelah pemasangan fondasi selesai, jembatan langsung dipasangi kerangka utama jembatan. Setelah itu, dilakukan pengaspala­n dan finishing.

Riski menambahka­n, untuk pemasangan boks saja, Maret 2020 ditargetka­n sudah rampung. Pemasangan sementara ke timur sudah mendekati jembatan. Dia berharap setelah boks terpasang sampai jembatan, progres jembatan pun sudah selesai untuk pekerjaan utamanya. ’’Ya, kalau nggak Januari atau Februari untuk pekerjaan besarnya,’’ tuturnya. Setelah pemasangan box culvert sisi barat rampung sepanjang 1,2 km itu, dia berharap jembatan pun bisa rampung dan finish

ing pengaspala­n bisa langsung berbarenga­n pada Maret 2020.

Riski menyebutka­n, agar jembatan cepat rampung, pengerjaan tersebut ditangani mandor khusus sampai jembatan selesai. Sementara itu, mandor lain berfokus penanaman boks jumbo, keramik, dan

finishing di sisi barat. Dia optimistis proyek bisa tuntas tahun depan. Sebab, proyek itu tidak mengalami hambatan yang berarti di lapangan. Cuaca pun tidak terlalu berpengaru­h dengan pekerjaan. Sebab, air atau banjir langsung dibuang ke barat. ’’Meski hujan, kami tetap bisa pasang box culvert dan bisa tetap melakukan penggalian,’’ katanya.

 ??  ?? PROGRES: Pengerjaan jembatan Kali Kandangan kemarin. Jembatan tersebut akan dibikin double track.
PROGRES: Pengerjaan jembatan Kali Kandangan kemarin. Jembatan tersebut akan dibikin double track.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia