Jawa Pos

Benturkan Lagi SBY dengan Jokowi

-

KASUS gagal bayar yang menimpa PT Asuransi Jiwasraya tak lepas dari informasi palsu. Produsen hoax memanfaatk­annya untuk mendulang viewer di kanal YouTube. Membuat judul ulasan clickbait dengan membenturk­an Jokowi dengan SBY. Padahal, tayangan video di dalamnya sama sekali tidak menyebut kaitan kasus Jiwasraya dengan presiden dan mantan presiden itu.

”JOKOWI MULAI PUC4T, SBY UNGK4P P3LA4KU K0RUP51 Jiwasraya Diduga Orang Belakang JOKOW1? (HEBOH).” Begitu judul video kanal YouTube yang dibagikan ulang pemilik halaman Facebook Kabar Dunia (bit.ly/SBYUngkapP­elaku) pada 28 Desember 2019.

Saat tautan itu diklik, jangan harap kanal YouTube milik Garuda Nusantara tersebut menyajikan tayangan sesuai judulnya. Video berdurasi 10 menit 17 detik itu sama sekali tidak menayangka­n pernyataan SBY tentang keterkaita­n Jokowi dengan kasus Jiwasraya. Yang ada hanyalah sejumlah potongan video singkat plus foto-foto yang dicomot dari berbagai kanal berita resmi.

Sementara itu, narasi kanal Garuda Nusantara tersebut hanya membaca ulang dari portal berita cnnindones­ia.com. Versi asli berita itu berjudul Mengulas dan Menghindar­i Saham Gorengan yang Jerat Jiwasraya. Dalam ulasannya juga tidak disebutkan satu pun pernyataan dari mantan Presiden SBY. Anda bisa membaca sumber asli dari narasi video itu di bit.ly/SahamJiwas­raya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia