Jawa Pos

3.857 Polisi Jatim Naik Pangkat Disambut Meriah

- (edi/c16/end)

SURABAYA, Jawa Pos – AKBP Arman Asmara tampak semringah di Mapolda Jatim kemarin (30/12). Maklum, melati di pundak seragamnya bakal bertambah per 1 Januari. Dia akan menyandang pangkat lebih tinggi satu tingkat menjadi kombespol. ’’Bahagia tentunya,’’ kata Kapolresta Banyuwangi itu.

Arman tidak sendirian merasakan kebahagiaa­n. Polda Jatim juga menaikkan pangkat 3.856 personel lain. Kasatresna­rkoba Polrestabe­s Surabaya Memo Ardian jugamenjad­isalahsatu­personelya­ngdiberi kenaikan pangkat dalam kesempatan itu.Darikompol­menjadiAKB­P.LulusanAkp­ol 2002 tersebut mengaku siap menjawab kepercayaa­n pimpinan yang menaikkan pangkatnya dengan kinerja. ’’Wajib hukumnya menjadi lebih baik,’’ tuturnya.

’’Malam ini semua harus bergembira,’’ ucap Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan setelah meresmikan kenaikan pangkat ribuan personel jajarannya.

Luki menjelaska­n, ada 987 perwira yang mendapat kenaikan pangkat. Juga 2.870 brigadir dan tamtama. Mereka dianggap layak mendapat pangkat lebih tinggi karena menunjukka­n kinerja yang apik.

Berdasar pantauan, nuansa upacara kenaikan pangkat itu terasa meriah. Kapolda sempat meminta pasangan hidup dari personel yang naik pangkat ikut merasakan kebahagiaa­n. Mereka diminta masuk ke lapangan upacara. Mendekati pasangan hidupnya untuk merasakan kebahagiaa­n bersama. Berselang beberapa saat, langit di atas lapangan upacara mendadak berubah warna-warni karena kembang api.

Luki meminta pasangan hidup personel yang naik pangkat minggir setelah pesta kembang api selesai. Nah, barisan personelny­a lantas dikepung empat unit

water cannon dan dua unit truk pemadam kebakaran. Mereka semua disemprot air selama beberapa saat.

Menurut dia, penyiraman adalah bagian tradisi kenaikan pangkat. Jenderal bintang dua itu berpesan kenaikan pangkat dijadikan motivasi untuk menunjukka­n kinerja yang lebih baik. ’’Naiknya pangkat akan diikuti dengan tanggung jawab,’’ tambahnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? GEMBIRA: Anggota Polri yang didampingi istri mendapat kejutan dari Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan berupa kembang api saat kenaikan pangkat masal kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS GEMBIRA: Anggota Polri yang didampingi istri mendapat kejutan dari Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan berupa kembang api saat kenaikan pangkat masal kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia