Jawa Pos

Komposisi Tim Pelatih Berubah

Mustaqim dan Danur Dara Diproyeksi­kan Jadi Asisten

- SURABAYA, (fim/c14/ali)

– Komposisi tim pelatih Persebaya Surabaya tidak bakal sama dengan musim lalu. Aji Santoso memang tetap menduduki kursi pelatih kepala untuk menghadapi musim 2020. Namun, para pendamping­nya tidak lagi sama.

Aji mengisyara­tkan mengganti beberapa pendamping­nya. Bahkan, nama-nama yang diinginkan itu sudah disodorkan ke manajemen Persebaya. ’’Ada yang tetap. Namun, komposisin­ya memang tidak sama 100 persen lagi,’’ ujar mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Saat memimpin Persebaya selama sembilan pertanding­an pada musim 2019, Aji didampingi empat asisten pelatih. Dua asisten di antaranya merupakan koleganya saat masih mengantar Persebaya juara musim 1996–1997 sebagai pemain. Yakni, Bejo Sugiantoro dan Uston Nawawi. Dua asisten lainnya adalah M. Hadi sebagai pelatih kiper dan pelatih fisik Danang Suryadi.

Nah, di antara empat nama tersebut, tampaknya hanya Bejo yang akan tetap mendamping­i Aji. Tiga nama lainnya bakal berganti. ’’Saya memang butuh asisten pelatih untuk posisi tertentu,’’ kata pelatih asal Malang tersebut.

Untuk memoles lini belakang, nama Bejo menjadi andalan. Untuk penyeranga­n, yang bakal digandeng bukan lagi Uston. Sebab, awalnya Uston memang hanya diplot untuk asisten sementara. Atau, setelah dia sudah menyelesai­kan tugasnya di Persebaya U-20. Pada 2020, Uston juga akan berkonsent­rasi untuk mengejar lisensi AFC Pro. ’’Tahun depan saya fokus belajar. Kebetulan, mulai Maret 2020, saya sudah mengikuti kursus lisensi AFC Pro,’’ jelas Uston. Berdasar informasi, untuk posisi memoles barisan penyerang, Aji mengganden­g Mustaqim. Aji dan Mustaqim pernah beberapa kali bekerja sama. Saat Aji melatih timnas, Mustaqim menjadi asistennya. Keduanya juga pernah bekerja sama di Persela. Selain Mustaqim, Aji disebutseb­ut membawa Danur Dara sebagai asistennya. Seperti halnya dengan Mustaqim, Aji beberapa kali ditemani Danur Dara. Misalnya, saat melatih Persela musim 2018 dan awal musim 2019.

Satu nama lainnya yang dikabarkan bakal masuk gerbong pelatih di Persebaya adalah Hendro Kartiko. Mantan penjaga gawang Persebaya itu diproyeksi­kan menggantik­an M. Hadi.

’’Siapa saja komposisi asisten pelatih itu? Nanti saja dilihat ketika Persebaya kembali berlatih pada 6 Januari. Tidak enak kalau saya bicara sekarang,’’ tutur Aji ketika disodori nama-nama yang dikabarkan mendamping­inya sebagai asisten pelatih.

Sebelum 6 Januari 2020, komposisi pelatih Persebaya musim 2020 sejatinya bisa dilihat pada 4 Januari mendatang. Sebab, menurut informasi, pada 4 Januari itu, asisten pelatih dan pemain baru Persebaya akan menandatan­gani kontrak.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SESUAI KEBUTUHAN TIM: Brian Ferreira bisa bermain di posisi playmaker dan winger.
SAY GOODBYE: Manajemen Madura United mengonfirm­asi bahwa Andik Vermansah tidak bersama lagi dengan tim di musim depan.
SOLID: Aji Santoso akan memiliki asisten baru di musim kompetisi 2020.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SESUAI KEBUTUHAN TIM: Brian Ferreira bisa bermain di posisi playmaker dan winger. SAY GOODBYE: Manajemen Madura United mengonfirm­asi bahwa Andik Vermansah tidak bersama lagi dengan tim di musim depan. SOLID: Aji Santoso akan memiliki asisten baru di musim kompetisi 2020.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia