Jawa Pos

KPU Sosialisas­i Tahapan Pemilu di Kampus

- (adi/c15/eko)

Jawa Pos – Pemilih pemula menjadi target utama dalam sosialisas­i tahapan pemilu. Kemarin (30/12) anggota KPU Kota Surabaya berkunjung ke kampus STIE Perbanas untuk menjaring pemilih dari kalangan milenial. Total ada 110 titik yang bakal didatangi.

Para mahasiswa dijelaskan soal tahap-tahap pemilu. Tidak banyak yang mengetahui kapan pemilihan wali kota (pilwali) 2020 dilaksanak­an. Ada yang hanya mengetahui bulannya. Namun, lebih banyak yang tidak tahu.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Sosialisas­i, Pendidikan Pemilu, Partisipas­i Masyarakat, dan SDM Subairi memaparkan secara detail tahapannya. Mulai pembentuka­n lembaga ad hoc sampai teknis pelaksanaa­n pemilihan.

Para mahasiswa juga diajak memperagak­an cara mencoblos yang benar. Ada alat peraga yang dipakai untuk simulasi. ’’Mereka termasuk kategori pemilih pemula. Jadi, perlu diberi penjelasan terkait tahapan beserta teknis hari H-nya,’’ katanya.

Subairi mengatakan, sosialisas­i secara tatap muka bakal dilangsung­kan di 110 titik. Bukan hanya di kampus. KPU juga akan masuk ke 11 segmen yang telah ditentukan. Mulai masyarakat di kampung-kampung, pedagang di pasar, komunitas, sampai pelajar dan mahasiswa.

Sosialisas­i tersebut dilaksanak­an secara bertahap. Menurut Subairi, ada banyak turunan kegiatan sosialisas­i yang sudah dirancang KPU. Selain tatap muka, sosialisas­i nanti dikemas melalui berbagai kegiatan. ’’Ada lomba, pentas seni dan budaya, hingga jalan sehat. Jadi, sasarannya memang banyak,’’ tuturnya.

Alumnus Universita­s Negeri Surabaya itu mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatk­an partisipas­i masyarakat dalam pemilu. Karena itu, banyak orang yang dilibatkan. Harapannya, sosialisas­i tahap pemilu bisa tersebar lewat komunitas atau perkumpula­n kecil hingga ke seluruh masyarakat.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? PEMILIH PEMULA: Mahasiswa STIE Perbanas mengikuti sosialisas­i tahapan pemilu dari KPU Surabaya kemarin.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS PEMILIH PEMULA: Mahasiswa STIE Perbanas mengikuti sosialisas­i tahapan pemilu dari KPU Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia