Jawa Pos

Barang Bekas Jadi Benda Bermanfaat

- (his/c16/tia)

SALAH satu persiapan warga Simokalang­an, Sukomanung­gal, untuk rencana wisata air di kampung mereka ialah memperbany­ak produksi barang berdaya guna yang bisa dijual atau menjadi buah tangan para pengunjung. Misalnya, yang dilakukan Sunariadi.

Tumpukan koran bekas di setiap sisi ruang tamunya diolah menjadi tas perempuan, tempat buah, tempat tisu, lampion, hiasan meja, serta beragam dekorasi ruangan lain. Produksiny­a memang belum banyak. Sebagian besar digunakan untuk koleksi kampung Simokalang­an dan memenuhi pesanan warga sekitar.

Ide pembuatann­ya muncul begitu saja. Saat pulang kerja, sebagai seorang kontraktor bidang elektro, Sunariadi risih dengan tumpukan koran di rumahnya. Kemudian, dia berupaya mencari cara agar bisa memanfaatk­an barang tersebut. ’’Kalau nganggur, saya kadang nggak bisa diam. Ini koran bisa dibuat apa saja ya,’’ ujarnya.

Nah, setelah menemukan formula olahan koran bekas itu, dia mengajak istri dan anak-anaknya untuk sama-sama berkreasi. Keterampil­an itu juga ditularkan kepada warga sekitar yang ingin belajar. Selain itu, rumahnya juga menjadi tempat olahan sampah plastik seperti botol beserta tutupnya. Tutup botol disulap menjadi tas yang bisa digunakan untuk berbelanja di pasar. ’’Daripada menggunaka­n kantong plastik, mending pakai tas daur ulang dari sampah,’’ katanya.

Di tangan pria yang tinggal di Jalan Simo Kalangan 1 No 276, Kelurahan Simomulyo, tersebut segala jenis barang bekas bisa dibuat barang baru dan berdaya jual. Dia berharap warga lain pun makin semangat untuk berkreasi.

’’Jika wisata air nanti jadi, kami siap secara kesadaran pun dengan beragam produk khas kampung Simokalang­an. Jika wisata air itu pun tidak jadi, kreasi ini masih bisa jadi pendapatan tambahan untuk keluarga,’’ jelasnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? KETERAMPIL­AN: Sunariadi menyelesai­kan pembuatan tas dari kertas koran bekas kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS KETERAMPIL­AN: Sunariadi menyelesai­kan pembuatan tas dari kertas koran bekas kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia