Jawa Pos

Elpiji Bocor, Tiga Rumah Ludes

- GRESIK, (son/c15/ris)

– Meski sudah memasuki musim hujan, kebakaran masih terjadi di Kota Pudak. Kemarin (30/12) tiga rumah di wilayah RT 4, RW 2, Desa Baron, Kecamatan Dukun, dilalap si jago merah.

Insiden itu terjadi akibat ledakan sebuah kompor gas. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, insiden itu terjadi pukul 13.20. Sumbernya berasal dari rumah salah seorang warga, Misran. Saat itu dia menyalakan kompor dan memasak air. Dia diketahui hendak memasak mi instan.

Namun, saat akan mengambil mi di lemari dapur, tiba-tiba terdengar ledakan keras dari kompor yang disertai jilatan api. Karena dinding dapur itu berbahan anyaman bambu, api langsung menyambar.

Sontak, Misran berlari menuju ruang tamu untuk membangunk­an istrinya yang tertidur serta minta tolong tetangga sekitar. Namun, belum sempat bantuan datang, api merembet ke rumah tetangga Misran. Yakni, rumah milik Srika dan Munari. Tidak jauh beda, rumah-rumah itu juga terbuat dari kayu.

Sambil menunggu bantuan datang, warga berusaha memadamkan api menggunaka­n alat seadanya. Tidak lama kemudian, satu unit damkar datang. Api berhasil dipadamkan pukul 13.45.

Kepala Pemadam Kebakaran Gresik Eka Prapangast­a menuturkan, pemadaman memang berlangsun­g cepat. Namun, pihaknya tetap membasahi area yang terbakar. ’’Khawatir di tumpukan bekas kebakaran itu masih ada sumber api. Kami pastikan lokasi benar-benar basah dan aman,’’ ucapnya. Kerugian diperkirak­an mencapai Rp 200 juta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia