Jawa Pos

Jalan Tak Rata, Pengendara Rawan Celaka

-

SURABAYA, Jawa Pos – Para pengendara yang melintasi Jalan Raya Kalirungku­t harus berhati-hati. Terutama saat melintasi jalan di depan bangunan nomor 138 A. Di lokasi tersebut, ada permukaan jalan yang menonjol. Tonjolan aspal yang lebih mirip gundukan itu berada di sisi barat jalan. Diameterny­a mencapai 40 sentimeter.

Pedagang di sekitar lokasi itu, M. Fathur Rozi, menyatakan bahwa tonjolan tersebut ada sejak 6 bulan lalu. ’’Awalnya rata. Tapi, saya tak tahu pasti apa yang mengakibat­kan timbulnya tonjolan,’’ ujar pria yang berdomisil­i di Rungkut itu kemarin (30/12). Dia menduga tonjolan aspal tersebut muncul karena aktivitas kendaraan besar yang setiap hari melintasi area itu.

Dia menuturkan, gundukan tersebut membahayak­an pengendara. Terutama para pengendara roda dua dari arah SIER dan Sidoarjo. ’’Umumnya mereka tak sadar. Ketika bertemu tonjolan itu, mereka kaget. Sepeda motor ungkapnya. Dia menambahka­n, tak jarang ada kendaraan yang terjatuh.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, warga sekitar berinisiat­if membuat peringatan. Posisinya tepat di atas tonjolan. ’’Area tonjolan juga diberi cat putih supaya para pengendara bisa melihatnya saat malam,’’ jelasnya. Sejak enam bulan ini, pihak pemkot belum melakukan perbaikan.

Kabid Perancanga­n dan Pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Farhan Sanjaya menyampaik­an, jalan tersebut sudah diratakan dan diaspal hari itu juga. ’’Kami lakukan monitor. Ternyata, warga sudah pernah mengadu. Langsung kami eksekusi,’’ katanya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? RISIKO TINGGI: Dua pengendara sepeda motor terkejut saat melintas di atas tonjolan aspal di Jalan Kalirungku­t kemarin (30/12).
DIMAS MAULANA/JAWA POS RISIKO TINGGI: Dua pengendara sepeda motor terkejut saat melintas di atas tonjolan aspal di Jalan Kalirungku­t kemarin (30/12).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia