Jawa Pos

Diduga Korsleting Listrik, Ruang Arsip Terbakar

- (jar/c19/ady)

SURABAYA, Jawa Pos – Warga Jalan Raya Tenggilis, Kendangsar­i, Tenggilis Mejoyo, berhambura­n ke luar rumah kemarin pagi (30/12). Sebuah gedung arsip perusahaan swasta terbakar. Api berasal dari lantai 1 gedung tersebut. Diduga, kebakaran berasal dari arus pendek.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya Dedik Irianto menyatakan, kebakaran terjadi pukul 06.30. Saat itu para pekerja belum datang ke kantor. Namun, tiba-tiba dari salah satu ruangan terdengar ledakan. Seorang warga sekitar yang kebetulan melintas berteriak. Dia pun meminta pertolonga­n.

’’Kami menerima laporan pukul 06.34. Armada langsung diterjunka­n,’’ ungkap Dedik. Berdasar catatan, ada tujuh mobil pemadam dan dua walang kadung.

Sesampai di sana, petugas langsung menyisir area dalam gedung. ’’Barang-barang lekas kami pindahkan,’’ ujarnya.

Pukul 06.48, api pokok dapat dijinakkan. Situasi dinyatakan kondusif pukul 08.13. ’’Kami melihat banyak tumpukan arsip perusahaan yang terbakar. Tapi, api tidak sampai menyebar ke mana-mana,’’ tutur Dedik. Kebakaran hanya terjadi di lantai 1. Lantai 2, 3, dan 4 aman terkendali. ’’Isi ruangan lantai 1 yang terbakar tidak semuanya. Ada beberapa yang kami selamatkan,’’ ungkap Dedik.

Dia menuturkan, saat peristiwa terjadi, karyawan tidak berada di kantor. ’’Kami mendapat informasi dari warga sekitar yang melintas. Api sudah merembet. Banyak yang tidak bisa diselamatk­an,’’ tuturnya. Meskipun begitu, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. ’’Penyebab kebakaran diduga dari korsleting,’’ ungkapnya.

Sebelum kejadian di Tenggilis Mejoyo, pada Minggu (29/12) api melalap bangunan semiperman­en di Jalan Lebak Jaya II-B Utara, Gading, Tambaksari. Penyebab kebakaran, kata dia, juga korsleting listrik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia