Jawa Pos

Uji Coba Lalin Pandegilin­g Terhambat Posisi LPS

Pemindahan Masih Terkendala Lokasi

- (omy/c7/ady)

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya menyatakan segera melakukan rekayasa arus lalu lintas (lalin) di pertigaan Jalan Pandegilin­g– Jalan Imam Bonjol. Namun, masih ada kendala yang membuat hal itu belum terealisas­i. Dishub harus berkoordin­asi dengan dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) untuk mewujudkan perubahan arus lalin tersebut.

Ada beberapa faktor yang membuat lampu lalu lintas atau traffic

light (TL) yang sudah dipasang dalam dua pekan terakhir itu belum difungsika­n. Salah satunya, keberadaan lahan pembuangan sementara (LPS) di sisi timur Jalan Pandegilin­g.

Dengan adanya LPS di lokasi tersebut, pandangan pengendara dari sisi selatan (Jalan Imam Bonjol) terganggu. Terutama para pengendara yang hendak menyeberan­g ke arah Jalan Pandegilin­g atau Jalan Urip Sumoharjo. Karena itu, untuk menghindar­i kecelakaan, LPS tersebut dipindahka­n.

Kepala Bidang Kebersihan dari DKRTH Arif Rusman mengatakan, terkait LPS itu, memang sudah dilakukan pembicaraa­n dengan dishub. Hanya, pihak DKRTH mengungkap­kan masih mencari lokasi baru untuk memindahka­n LPS. ’’Menentukan tempat pemindahan LPS memang tak mudah,’’ ucap Arif.

Dia mengatakan, keberadaan LPS kerap diprotes warga. Apalagi jika lokasinya berada di tengah pusat kota. Hal itu wajar karena LPS merupakan tempat pembuangan sampah sementara. Tentu, LPS menimbulka­n bau tak sedap di warga sekitar. Karena itu, bagian sarana dan prasarana (sarpras) sekarang berkoordin­asi dengan kelurahan sekitar.

Sebenarnya DKRTH sudah memiliki beberapa lokasi alternatif untuk pemindahan LPS Pandegilin­g. Setidaknya sudah mengerucut ke satu lokasi yang tak jauh dari LPS tersebut. Yaitu, di sekitar Kelurahan dr Soetomo. Namun, hal itu harus disetujui warga. Pihaknya berharap dalam waktu dekat lokasi pemindahan LPS sudah ada. ’’Sehingga gerobak sampah dan aktivitas mobil sampah sudah tidak di sana lagi,’’ tutur Arif.

Sementara itu, Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudraja­d menuturkan, jika tidak ada kendala, ada kemungkina­n TL tersebut difungsika­n penuh pada awal Januari. Dia mengklaim kondisi perangkat dan jaringan TL sudah siap. CCTV juga telah terpasang. Nah, sebelum TL difungsika­n, nanti ada uji coba.

Menurut Irvan, untuk uji coba nanti, pihaknya koordinasi dengan satlantas polrestabe­s dan pihak instansi terkait. Dengan begitu, saat difungsika­n, kondisinya nanti benar-benar siap ’’Sekarang kami masih konsentras­i terkait Natal dan tahun baru (Nataru),’’ terang Irvan.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BELUM BEROPERASI PENUH: TL Pandegilin­g hanya menyala kuning karena LPS di kawasan itu belum dipindahka­n.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BELUM BEROPERASI PENUH: TL Pandegilin­g hanya menyala kuning karena LPS di kawasan itu belum dipindahka­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia