Jawa Pos

Kentalnya Kekeluarga­an Alasan Asep Berlian Bertahan

- (nia/c15/ali)

BANGKALAN, Jawa Pos – Nama Asep Berlian sempat dikabarkan tidak lagi berseragam Madura United untuk musim depan. Bahkan, Asep dirumorkan bergabung dengan Persib Bandung. Maklum, sebagai pemain kelahiran Bogor, memang tidak sedikit Bobotoh (suporter Persib) yang berharap Asep merumput bersama Persib.

Namun, kesetiaan Asep dengan Madura United tampaknya masih berlanjut. Sebenarnya, kontrak pemain bernomor punggung 4 tersebut habis pada Desember 2019. Namun, Asep sepakat memperpanj­ang kontraknya bersama tim berjuluk Laskar Sape Kerrap tersebut. ’’Ini pilihan terbaik untuk saya. Untuk perpanjang­an kontrak, satu tahun dulu,’’ kata pemain berusia 29 tahun itu.

Rasa kekeluarga­an yang kental membuat Asep betah membela tim asal Pulau Garam tersebut. ’’Dukungan dari suporter dan kekeluarga­an di dalam tim membuat saya betah. Terutama Presiden (Achsanul Qosasi, Red) dan Direktur Tim (Haruna Soemitro, Red). Bahkan, mereka sudah saya anggap sebagai orang tua sendiri,’’ ucap Asep.

Bergabung sejak terbentukn­ya Madura United (2016), Asep merupakan salah satu pemain yang selalu menjadi pilihan utama. Mulai era pelatih Gomes de Oliveira, Dejan Antonic, sampai Rasiman, Asep tidak pernah kehilangan tempat di lini tengah Sape Kerrap.

Di sisi lain, berposisi sebagai gelandang bertahan, mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut cukup menjadi momok yang menakutkan. Asep tidak segan menjegal lawan untuk menggagalk­an serangan yang dibangun.

Pada musim 2019, Asep dipercaya turun 24 kali. Asep memang tidak menyumbang­kan gol bagi Madura United. Namun, sebagai gelandang pengangkut air, statistikn­ya cukup oke. Dia mencatatka­n 11 umpan kunci, 36 intersep, 23 sapuan, dan 94 tekel.

’’Musim lalu mungkin saya banyak rehat karena sempat cedera. Momentum untuk lebih banyak membantu tim jadi terhambat. Untuk musim depan, semoga saya bisa lebih baik dan membawa Madura United berprestas­i,’’ ucap kakak kandung pesepak bola Tedi Berlian dan Tanjung Sugiarto tersebut.

Untuk pemain lawas, bukan hanya Asep yang dipertahan­kan Madura United. Gelandang Slamet Nurcahyo pun dipastikan tidak akan ke mana-mana. Bek tengah Fachrudin Aryanto yang sempat dipinjamka­n ke Persija Jakarta juga kembali pulang untuk membela Sape Kerrap.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? MASIH KERASAN: Asep Berlian memilih bertahan di Madura United meski diminati klub lain.
ANGGER BONDAN/JAWA POS MASIH KERASAN: Asep Berlian memilih bertahan di Madura United meski diminati klub lain.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia