Jawa Pos

Tuntaskan Pemasangan Liner dan Pemavingan

- SURABAYA, (omy/c7/ai)

Jawa Pos – Pengerjaan fisik kolam renang Jambangan sudah 99 persen. Saat ini pengerjaan difokuskan pada pemasangan liner membran. Jika tahap tersebut rampung, air bisa segera diisikan ke dalam kolam.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Krestian mengatakan, liner dipasang dengan cara dilem di seluruh bagian kolam. ’’Pengerjaan­nya tak mudah karena harus menggunaka­n untuk menyedot udaranya,’’ katanya.

Langkah berikutnya adalah uji coba kolam renang. Itu dilakukan untuk melihat apakah masih ada masalah atau tidak. Saat dioperasik­an nanti, kondisinya sudah siap. Termasuk, sarana dan prasarana juga sudah siap. ’’Awal Januari, kolam renang bisa segera difungsika­n untuk umum. Tentunya setelah dilakukan penyerahan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya,’’ lanjutnya.

Tak hanya berfokus pada pembanguna­n kolam, pekerja juga membereska­n akses ke lokasi. Menurut Iman, untuk sementara, dari pintu masuk menuju kolam masih dipasang paving. ’’Nanti ada penyempurn­aan kembali, setelah ada kajian drainase dari dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP),’’ paparnya.

Kajian itu dilakukan untuk mengantisi­pasi banjir. Terlebih saat musim hujan. Sebab, elevasi kawasan tersebut sangat rendah. ’’Jadi, nanti ada pemasangan drainase yang berfungsi mencegah banjir sementara,’’ terang Iman.

Pembanguna­n kolam renang Jambangan dilaksanak­an secara bertahap. Saat ini masih tahap pertama. Menurut Iman, nanti ada penambahan beberapa fasilitas. Di antaranya, atap agar kolam tidak terlalu panas. Ada juga sarana lain seperti toilet. ’’Penambahan tersebut dilakukan lantaran anggaran pada tahap awal masih terbatas. Yakni, Rp 7,9 miliar,’’ katanya.

Pada tahap lanjutan, ada penambahan dua kolam lagi. Kolam tersebut diperuntuk­kan bayi dan anak-anak. Jika tidak ada kendala, pembanguna­n lanjutan dikerjakan pada pertengaha­n tahun depan.

 ??  ??
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? HANYA KOLAM DEWASA: Pengerjaan fisik kolam renang Jambangan sudah 99 persen.
DIPTA WAHYU/JAWA POS HANYA KOLAM DEWASA: Pengerjaan fisik kolam renang Jambangan sudah 99 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia