Jawa Pos

Parasite, Film Korea Pertama Pemenang Globes

Kandidat Kuat Nominasi Film Terbaik Oscars

-

BEVERLY HILLS, Jawa Pos – Sejarah tercipta pada malam Golden Globe Awards Ke-77 kemarin WIB (6/1)

Film thriller Parasite berhasil menjadi film Korea pertama pemenang Best Motion Picture kategori Foreign Language.

Film itu juga mengantark­an Bong Joon-ho masuk dua nominasi bergengsi, penulis skenario dan sutradara. ”Hanya dinominasi­kan bersama filmmaker internasio­nal yang luar biasa sudah kehormatan besar. Kita memang hanya menggunaka­n satu bahasa: film,” kata Joon-ho dari The Beverly Hotel, Beverly Hills, California.

Parasite menjalani world premiere pertama di Festival Film Cannes pada Mei 2019 dan langsung memenangka­n penghargaa­n tertinggi Palme d’Or. Sejak itu, kisah keluarga miskin yang mampu mengelabui keluarga kaya tersebut semakin populer dan dibuntuti berbagai kemenangan. Di antaranya, film, sutradara, dan aktor pendukung terbaik Los Angeles Film Critics serta film berbahasa asing terbaik National Board of Review.

Film itu memang tidak bisa menjadi nomine Film Terbaik Golden Globes karena aturan HFPA sebagai penyelengg­ara mensyaratk­an minimal 50 persen dialog berbahasa Inggris. Namun, dikutip dari LA Times, Parasite merupakan kandidat kuat nominasi film terbaik Academy Awards tahun ini. Di Oscars yang nominasiny­a akan diumumkan pada Senin (13/1) itu, film internasio­nal diizinkan masuk kategori tersebut.

Parasite bukan satu-satunya wakil kejayaan Asia di Globes kali ini. Ada pula Awkwafina yang mencatat sejarah sebagai aktris keturunan Asia pertama penerima trofi Best Actress in a Motion Picture-Musical or Comedy untuk film The Farewell. ”Ini mengejutka­n. Rasanya luar biasa. Saya harap ini baru permulaan,” kata gadis kelahiran New York dengan ayah berdarah Tiongkok-AS dan ibu imigran asal Korea Selatan tersebut.

Bintang Crazy Rich Asians (2018) pemilik nama asli Nora Lum itu merupakan aktris keturunan Asia keenam yang pernah masuk nominasi dalam kategori tersebut. Sebelumnya, ada Machiko Kyo (The Teahouse of the August Moon), Miyoshi Umeki (Flower Drum Song), Yvonne Elliman (Jesus Christ Superstar), Constance Wu (Crazy Rich Asians), dan Hailee Steinfeld (Edge of Seventeen).

Kejutan besar ada di kategori tertinggi Best Motion PictureDra­ma. Film berlatar Perang Dunia I berjudul 1917 sukses mengalahka­n nomine lainnya yang lebih dijagokan seperti Joker dan film orisinal Netflix, Marriage Story. Belum banyak penonton yang menyaksika­n 1917. Film itu baru ditayangka­n di bioskop Amerika Utara pada Natal lalu dan baru tayang di Inggris pada Jumat pekan ini. Pemeran utamanya, DeanCharle­s Chapman, bukan aktor dengan nama besar. Karena itu, bagi sutradara Sam Mendes, kemenangan itu sangat berarti.

 ?? FOTO-FOTO: AFP ?? Joaquin Phoenix
Bong Joon-ho
Brad Pitt
FOTO-FOTO: AFP Joaquin Phoenix Bong Joon-ho Brad Pitt
 ??  ?? Renae Zellweger
Awkwafina
Renae Zellweger Awkwafina

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia