Jawa Pos

Megawati Terima Gelar Doktor HC Kesembilan

-

JAKARTA, Jawa Pos – Gelar doktor honoris causa (Dr HC) yang disandang Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnopu­tri akan bertambah. Besok (8/1) presiden kelima RI tersebut mendapat gelar doktor kehormatan dari Soka University Tokyo, Jepang. Itulah gelar kesembilan yang diterima Megawati.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o menjelaska­n, sebelumnya Megawati menerima delapan gelar Dr HC dari perguruan tinggi ternama dalam negeri maupun mancanegar­a. Gelar Dr HC pertama diterima dari Universita­s Waseda Tokyo, Jepang, pada September 2001. Saat itu Megawati yang menjabat presiden memperoleh Dr HC bidang hukum.

Mega tercatat kerap mendapat gelar Dr HC sejak 2015. Setiap tahun dia menerima penganuger­ahan dari berbagai perguruan tinggi. Termasuk yang diterimany­a dari Soka University Tokyo di Jepang besok (selengkapn­ya lihat grafis). ’’Ini adalah pengakuan untuk Ibu Ketua Umum dari dunia internasio­nal, lebih

khusus lagi dari perguruan tinggi di mancanegar­a,’’ terang Hasto.

Sementara itu, Megawati menyatakan tidak tahu alasan sejumlah universita­s dalam negeri ataupun luar negeri memberikan gelar kehormatan. ’’Kan bukan saya yang nyari. Tapi, kan orang mungkin melihat saya. Mungkin dengar dari omongan pidato saya,’’ ungkapnya.

Sebelum menerima gelar kehormatan, kemarin (6/1) Megawati menghadiri jamuan makan siang yang diselengga­rakan pimpinan Soka Gakkai Internatio­nal (SGI) di Restoran Shibazakur­a, Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang. Dia disambut Wakil Presiden SGI Hiromasa Ikeda. Dalam pertemuan itu, hadir pula Wakil Rektor Universita­s Soka Tanaka Ryohei.

 ?? HUMAS PDIP ?? JELANG PENGANUGER­AHAN: Megawati berjabat tangan dengan Wakil Presiden Soka Gakkai Internatio­nal Hiromasa Ikeda di Tokyo kemarin.
HUMAS PDIP JELANG PENGANUGER­AHAN: Megawati berjabat tangan dengan Wakil Presiden Soka Gakkai Internatio­nal Hiromasa Ikeda di Tokyo kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia