Jawa Pos

Penjualan SUV Isuzu Terus Melaju

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pasar sport utility vehicle (SUV) di Indonesia memang tak segemuk multipurpo­se vehicle (MPV). Namun, segmen itu tetap tak kehilangan pamor di pasar. Penjualan SUV berbagai merek masih cukup konsisten. Salah satunya, Isuzu yang mengandalk­an MU-X. Angka sales MU-X dalam dua tahun terakhir tumbuh positif.

Chief Operating Astra Isuzu Harry Kamora menyebutka­n, pada Januari hingga November 2019, penjualan MU-X tercatat 399 unit. ’’Penjualan MU-X pada pengujung tahun ini dipengaruh­i peluncuran produk baru MU-X i-Series. Sejak diluncurka­n pada Juli 2019, total penjualan MU-X tercatat 139 unit,’’ ujar Harry kemarin (6/1).

Penjualan Isuzu secara total, lanjut dia, mencapai 20.038 unit, hanya turun 0,5 persen jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Penurunan itu jauh lebih kecil daripada pasar otomotif nasional yang mencapai 11,8 persen.

Isuzu terus berupaya me-maintain brand awareness dan penjualan mereka melalui berbagai aktivitas. Salah satunya, pembuktian keandalan dengan aktivitas touring bersama komunitas. Misalnya saja, lewat The Real Journey to 0 Kilometer yang merupakan serangkaia­n perjalanan menguji keandalan MU-X bersama anggota komunitas Isuzu Lovers and Friends (IL&F). Perjalanan panjang lintas pulau itu menempuh jarak hingga 4.844 kilometer dari Surabaya menuju Pulau Weh, Sabang (Aceh).

Setelah menempuh perjalanan ribuan kilometer, pada 25 Desember 2019, para peserta tiba di Banda Aceh dan melanjutka­n perjalanan berikutnya menyeberan­g ke destinasi akhir di titik kilometer 0 Indonesia di Kota Sabang. Setelah itu, mereka kembali lagi ke Surabaya dan tiba pada 5 Januari 2020. ’’Selama perjalanan, tidak ada problem dengan MU-X,’’ kata Ahmad Husen, salah seorang anggota komunitas MU-X yang juga penasihat IL&F.

Ketua Umum IL&F Diyan Lesmana menyatakan, kegiatan touring tersebut kali pertama dilakukan IL&F secara bersama-sama. Menurut dia, acara itu diadakan untuk menguji apa yang sudah didapat anggota komunitas, terutama terkait dengan pengetahua­n safety driving. Selain itu, pemilihan rute Surabaya–Pulau Sabang sebagai lokasi titik 0 sangat sesuai dengan sosok MU-X yang bisa dipakai di berbagai medan.

 ?? AGFI SAGITTIAN/JAWA POS ?? SEGALA MEDAN: Dari kiri, Humas The Real Journey to 0 Kilometer Rini Sasmojo, Ketua Acara Udin Saefudin, Diyan Lesmana, dan Bendahara IL&F Sumijati Hartono.
AGFI SAGITTIAN/JAWA POS SEGALA MEDAN: Dari kiri, Humas The Real Journey to 0 Kilometer Rini Sasmojo, Ketua Acara Udin Saefudin, Diyan Lesmana, dan Bendahara IL&F Sumijati Hartono.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia