Jawa Pos

Buka Penerbanga­n Langsung ke Jeddah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Citilink, anak usaha Garuda Indonesia Group, memanfaatk­an Airbus A330-900 Neo untuk melayani penerbanga­n Surabaya–Jeddah. Dengan kapasitas 365 penumpang, pesawat anyar itu akan bisa mengakomod­asi kebutuhan jamaah umrah yang tiap tahun meningkat. Rute baru itu mulai beroperasi pada 26 Januari.

Tahun ini Citilink menargetka­n Airbus A330-900 Neo itu mengangkut 100.000 jamaah umrah Jatim. Tahun lalu 300.000 jamaah umrah nasional berasal dari Jatim.

Citilink berupaya mengambil market share yang besar di Jatim. Penerbanga­n langsung Surabaya– Jeddah dijadwalka­n tiga kali dalam sepekan.

’’Untuk rute direct ke Jeddah menggunaka­n pesawat jenis ini baru ada dari Surabaya,’’ kata Senior Manager Charter dan Internatio­nal Flight PT Citilink Indonesia Muhammad Agung Hartono di selasela soft launching rute Surabaya– Jeddah kemarin (6/1).

Dirjen Penyelengg­araan Haji dan Umrah Kementeria­n Agama Nizar Ali mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi menargetka­n 5 juta jamaah umrah dari Indonesia pada 2030. Selain umrah, kuota haji Indonesia terus meningkat.

’’Saya berharap Citilink bisa segera membuka rute Surabaya– Jeddah dengan pesawat ini juga untuk haji,’’ kata Nizar. Sebab, waktu tunggu jamaah haji Indonesia sudah mencapai 20 tahun.

Kebutuhan jamaah yang tinggi itu juga diungkapka­n Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Dia berharap akan semakin banyak rute internasio­nal yang penerbanga­nnya langsung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia