Jawa Pos

RIVALITAS DERBI AWAL DEKADE

- 03.00 WIB).

MANCHESTER, Jawa Pos – Derbi Manchester dalam satu dekade terakhir memang lebih berpihak kepada Manchester City. Masifnya dampak kekuatan finansial Sheikh Mansour terhadap skuad asuhan Manuel Pellegrini, Roberto Mancini, hingga Pep Guardiola membuat City meraih 8 kemenangan berbanding 5 kemenangan untuk Manchester United dalam 15 derbi di berbagai ajang. Bandingkan dalam dua dekade sebelumnya. United bersama Sir Alex Ferguson begitu dominan dengan memenangi 10 derbi, 4 lainnya berakhir seri, dan hanya sekali The Red Devils kalah. Laman resmi City kemarin (6/1) juga membuat video khusus untuk mengenang dua fase yang bertolak belakang tersebut. Video khusus itu sekaligus menyambut rivalitas awal dekade City dan United di awal tahun ini. Old Trafford dini hari nanti jadi panggung persaingan dalam label first leg semifinal Piala Liga atau EFL Cup (siaran langsung Mola Matrix/Mola Polytron Smart TV/ Mola Polytron Streaming pukul

Kepada Manchester Evening News kemarin, Pep menilai United di era Ole Gunnar Solskjaer punya potensi menjadi tim yang hebat. Bukan hanya di Inggris, tapi juga di Eropa. Berkaca dari kekalahan 1-2 City di Stadion Etihad pada matchweek ke-16 Premier League bulan lalu (8/12), Pep menyebut Solskjaer sudah menemukan formulasi kekuatan untuk menang. Khususnya ketika menghadapi timtim yang senang mengendali­kan bola dan mendikte lawan.

”Tim itu (asuhan Solskjaer, Red) dibangun untuk berlari. Mereka memiliki keunggulan dalam hal kecepatan,” ucap Pep. ”Saya berkata demikian karena kecepatan yang diperlihat­kan (Daniel) James, (Mason) Greenwood, (Anthony) Martial, (Marcus) Rashford, dan (Jesse) Lingard,” lanjutnya.

Pelatih yang membawa City menyapu empat gelar domestik musim lalu itu juga mengatakan bahwa United menyimpan tenaga untuk derbi. United terlihat tidak mau habis-habisan saat bermain tanpa gol di kandang Wolverhamp­ton Wanderers dalam putaran ketiga Piala

FA akhir pekan lalu (5/1).

City pun demikian. Pep mengistira­hatkan sejumlah pemain pilar saat City mengatasi perlawanan Port Vale 4-1 di Stadion Etihad dalam ajang yang sama di waktu bersamaan pula. Untuk mengantisi­pasi kecepatan pemain United, Pep memberi sinyal bakal membenahi lini pertahanan. John Stones yang kerap ceroboh terancam digusur bek 18 tahun asal Spanyol, Eric Garcia, sebagai partner Fernandinh­o. ”Saya menerka, mereka masih akan mempertaha­nkan gaya dengan berlari secepatnya. Mungkin satu, dua, tiga, atau sebanyak-banyaknya sepanjang laga. Kami harus siap dan mengurangi keceroboha­n individu pemain,” beber Pep.

Terpisah, Solskjaer dalam prematch press conference di Carrington tadi malam mengakui bahwa City datang dengan motivasi yang lebih tinggi pascakalah 1-2 di kandang sendiri. Ditambah, kondisi psikologis Harry Maguire dkk tidak seperti menjelang derbi di kandang The Citizens.

Kala itu United menjalani derbi dengan modal sukses mengalahka­n Tottenham Hotspur asuhan mantan pelatih United, Jose Mourinho. Saat ini The Red Devils berbekal tanpa kemenangan dalam dua penampilan terakhir.

 ??  ?? CALON PEMBEDA: Wide attacker United Marcus Rashford dan wide attacker City Raheem Sterling beradu menjadi yang terbaik dalam duel Piala Liga di Old Trafford dini hari nanti (8/1).
CALON PEMBEDA: Wide attacker United Marcus Rashford dan wide attacker City Raheem Sterling beradu menjadi yang terbaik dalam duel Piala Liga di Old Trafford dini hari nanti (8/1).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia