Jawa Pos

Pemain Baru Siap Bersaing

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persebaya Surabaya menjalani latihan perdana menjelang Liga 1 2020 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, kemarin sore (6/1). Ada tiga pemain baru yang hadir. Mereka adalah Arif Satria, Bayu Nugroho, dan Mahmoud Eid.

Arif dan Bayu sudah bergabung dalam sesi latihan. Mahmoud hanya berada di pinggirlap­angan.

’’Dia (Mahmoud)kanbaru melakukan penerbanga­n selama 25 jam,’’ ujar pelatih Persebaya Aji Santoso. Mahmoud memang baru terbang dari Swedia. Praktis, pemain berpaspor Palestina itu tidak mengikuti sesi latihan sama sekali.

Meski baru bergabung, Arif sama sekali tidak canggung. Dia langsung nyetel dengan pola latihan yang diterapkan Aji. Maklum, keduanya memang pernah bekerja sama ketika Aji membesut Persela Lamongan. ’’Saya tahu karakter beliau (Aji, Red). Itulah salah satu alasan saya gabung Persebaya,’’ terang pemain 24 tahun tersebut.

Karena itu, Arif tidak takut bersaing untuk meraih posisi starter. ’’Itu (starter) kan sesuai dengan karakter pelatih. Siapa yang dipilih, pasti itu yang terbaik,’’ katanya.

Hal senada diungkapka­n Bayu Nugroho. Dia tetap pede meski persaingan di posisi winger cukup sengit. Sebab, Green Force –julukan Persebaya– masih memiliki Irfan Jaya, Osvaldo Haay, maupun Oktafianus Fernando. ’’Saya lihat memang kompetitif. Jadi, saya bakal berikan yang terbaik,’’ ucap mantan pemain PSIS Semarang tersebut.

Beberapa pemain belum bergabung. Termasuk dua pemain asing, David da Silva dan Aryn Williams. Aryn terkendala masalah paspor. Dia baru akan kembali ke Surabaya pada 15 Januari. Sementara itu, Da Silva masih berada di Brasil dan baru kembali pada 25 Januari nanti. Praktis, keduanya absen dalam laga kontra Persis Solo (11/1). ’’Saya harap pemain lain mulai datang sebelum lawan Persis,’’ tutur Aji.

Bukan hanya pemain yang kedatangan amunisi baru, tetapi juga tim pelatih. Ada tiga staf pelatih anyar. Pertama adalah Mustaqim. Dia mengisi posisi asisten pelatih. Hadirnya Mustaqim membuat Aji memiliki tiga asisten. Sebab, sebelumnya ada Bejo Sugiantoro dan Uston Nawawi. ’’Saya memang butuh tiga asisten. Itu memudahkan saya untuk diskusi,’’ ungkap pelatih 49 tahun tersebut.

Lalu, ada mantan staf pelatih dari PS Tira Persikabo Benny van Breukelen yang ditunjuk sebagai pelatih kiper. Terakhir, Gaselly Jun Panam menjadi pelatih fisik. Kehadiran staf pelatih baru diyakini membuat Persebaya kian solid. Apalagi, Aji tidak asing lagi dengan Benny. Keduanya pernah bekerja sama saat Aji melatih timnas U-23. ’’Saya ke sini (Persebaya, Red) berniat membantu Coach Aji untuk membentuk tim yang baik,’’ ujar Benny.

Meski begitu, staf pelatih akan bertambah. ’’Masih ada satu lagi yang bakal bergabung,’’ ungkap Aji. Sayangnya, mantan pelatih Arema FC itu masih enggan buka suara terkait dengan staf pelatih anyar tersebut.

Bukan hanya pelatih, jumlah pemain juga bisa saja bertambah. Persebaya sudah dikabarkan sepakat menggaet Abduh Lestaluhu. Namun, hingga saat ini dia belum bisa bergabung. ’’Nanti lihat perkembang­annya,’’ jelas mantan bek kiri Persebaya tersebut.

Selain itu, ada Makan Konate yang dikabarkan berlabuh ke Persebaya. ’’Kabar bergabungn­ya Konate tak pernah keluar dari saya atau manajemen. Kalau ada isu, ya biarkan saja,’’ tegas Aji.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? ANTUSIAS: Bayu Nugroho (kanan) dan Arif Satria (dua dari kanan) berlatih perdana dengan Persebaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS ANTUSIAS: Bayu Nugroho (kanan) dan Arif Satria (dua dari kanan) berlatih perdana dengan Persebaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo kemarin.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? MASIH JET LAG: Mahmoud Eid berbincang dengan pelatih Persebaya Aji Santoso.
ANGGER BONDAN/JAWA POS MASIH JET LAG: Mahmoud Eid berbincang dengan pelatih Persebaya Aji Santoso.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia