Jawa Pos

Jepang Gemilang meski tanpa Bintang

Serbia-Australia Lolos Perempat Final

-

PERTH, Jawa Pos – Sebagai satu-satunya wakil Asia di ATP Cup, Jepang tampil membanggak­an sampai hari keempat kemarin. Negeri Matahari Terbit itu belum tersentuh kekalahan. Pada laga kedua kontra Georgia, Jepang tampil digdaya dengan menyapu bersih tiga kemenangan tanpa balas.

Bertanding di grup B, Jepang bahkan turun tanpa bintang utama mereka, Kei Nishikori. Mantan ranking keempat dunia itu mengundurk­an diri tiga hari sebelum ATP Cup bergulir. Dia masih menjalani penyembuha­n cedera siku. Nishikori juga sudah memastikan absen di grand slam Australia Terbuka yang start 20 Januari mendatang.

Tanpa kehadiran finalis Amerika Serikat (AS) Terbuka 2014 tersebut, dua pemain tunggal Jepang, Yoshihito Nishioka dan Go Soeda, unjuk gigi. Beruntung, Soeda yang ditunjuk dadakan menggantik­an Nishikori sejauh ini juga menjawab kepercayaa­n dengan baik.

Kemarin ranking ke-122 dunia itu lagi-lagi sukses membuka kemenangan untuk negaranya. Petenis 35 tahun tersebut melumat ranking ke-679 dunia Aleksandre Metreveli 4-6, 6-3, 6-2. Kemenangan Soeda membuat beban Nishioka yang tampil di laga kedua melawan Nikoloz Basilashvi­li jauh lebih ringan. Sebab, ranking Nishioka jauh di bawah Basilashvi­li. Saat ini dia menghuni ranking ke-75 dunia, sedangkan Basilashvi­li peringkat ke-26 dunia. Andai Soeda tak merebut kemenangan di partai pembuka, tekanan berat sudah pasti menghingga­pi pundak Nishioka.

Nishioka pun tampil begitu tenang. Basilashvi­li malah yang membikin banyak kesalahan dengan 38 unforced errors. Setelah bertarung selama 1 jam 22 menit, Nishioka akhirnya mengalahka­n Basilashvi­li dua set langsung 6-2, 6-3. ’’Aku hanya berusaha melakukan yang tidak dia lakukan. Dia memiliki pukulan yang keras. Tapi, aku mengimbang­inya dengan bergerak lebih agresif,” ucap juara Shenzhen Open 2018 tersebut dilansir AP.

Jepang menyempurn­akan kemenangan setelah partai terakhir di sektor ganda juga menang. Pasangan Toshihide Matsui/Ben McLachlan menekuk Aleksandre Bakshi/Zura Tkemaladze dua set langsung 6-2, 6-4 dalam 1 jam 6 menit.

Besok tantangan sesungguhn­ya untuk Jepang datang. Mereka akan meladeni tim kuat Spanyol yang diisi ranking satu dunia Rafael Nadal. Kedua tim sama-sama datang dengan mengantong­i dua kemenangan. Di atas kertas, memang sangat sulit menumbangk­an Spanyol. Tapi, Jepang tetap tidak mau menyerah sebelum bertarung. ’’Kami tanpa beban saja menghadapi mereka,” ucap Soeda.

Setelah hari keempat ATP Cup berlangsun­g, sudah ada dua tim yang memastikan diri lolos ke babak knock out alias perempat final. Babak tersebut akan berlangsun­g di Rosewall Arena, Sydney mulai 10 Januari mendatang.

Serbia kemarin menjadi tim kedua yang lolos. Novak Djokovic cs datang ke babak knock out setelah mengantong­i dua kemenangan di dua laga pertama grup A. Sehari sebelumnya, tuan rumah Australia sudah lebih dulu memastikan diri lolos. Mereka datang mewakili grup F.

 ?? TONY ASHBY/AFP ?? WAKIL ASIA: Yoshihito Nishioka merayakan kemenangan atas Nikoloz Basilashvi­li pada laga kedua ATP Cup di Perth, Australia, kemarin.
TONY ASHBY/AFP WAKIL ASIA: Yoshihito Nishioka merayakan kemenangan atas Nikoloz Basilashvi­li pada laga kedua ATP Cup di Perth, Australia, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia