Jawa Pos

Milenial Jadi Kata Tahun Ini 2019

-

JAKARTA, Jawa Pos – Milenial. Belakangan, kata itu sangat sering diungkapka­n. Mulai istilah staf khusus milenial presiden RI hingga Millennial Road Safety Festival yang digelar Polri. Pantas jika Badan Pengembang­an dan Pembinaan Bahasa Kemendikbu­d menetapkan ’’milenial’’ sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2019.

Milenial bermakna sebagai generasi yang lahir antara tahun 1980-an dan 2000-an. Generasi itu disebut membawa gaya hidup yang unik dan baru. Menganggap interaksi komunikasi sosial sebagai aspek penting, lekat dengan gawai, dan cenderung konsumtif. ”Tak ayal, kata milenial mewakili perubahan sosial dan kultural masyarakat,’’ ujar Plt Kepala Badan Pengembang­an dan Pembinaan Bahasa Kemendikbu­d Dadang Sunendar.

Penetapan ’’milenial’’ sebagai KTI 2019 tidak hanya berdasar data Google Trends, tetapi juga sejumlah penilaian. Kata tersebut dirasa sudah digunakan berbagai kalangan. Selain itu, masifnya acara bertajuk milenial mampu mengundang antusiasme. Juga, banyak ditulis media nasional, publikasi ilmiah, hingga konten laman pemerintah­an maupun swasta.

Dadang menuturkan, sepanjang 2019, ’’milenial’’ menjadi kata dengan jumlah pencarian terbanyak di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) online. Mencapai 19.834 pencarian berdasar data pukul 12.58, 30 Desember 2019. Pencarian kata milenial paling banyak pada November 2019, seiring dengan pengumuman tujuh staf Presiden Joko Widodo yang berasal dari kalangan milenial, 21 November lalu.

Menurut Dadang, kata milenial akan tetap digunakan dan populer tahun ini. Pertimbang­annya, milenial mengidenti­fikasi generasi produktif yang punya kontribusi sosial dan kemampuan teknologi yang baik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia